Senin, 30 Januari 2017

Pejabat Militer China Sebut Perang dengan AS Bisa Jadi Kenyataan


 
Pejabat Militer China Sebut Perang dengan AS Bisa Jadi Kenyataan
Pejabat militer China menyebut perang dengan AS bisa menjadi kenyataan. Foto/Ilustrasi/Istimewa
 
BEIJING - Seorang pejabat militer China mengatakan perang dengan Amerika Serikat (AS) di bawah pemerintahan Donald Trump bisa menjadi kenyataan praktis. Pernyataan itu dipublikasikan di situs Tentara Pembebasan Rakyat.

"Sebuah perang dalam istilah presiden atau perang pecah malam ini tidak hanya slogan, mereka menjadi kenyataan praktis," kata pejabat dari Departemen Pertahanan Divisi Mobilisasi itu seperti disitat The Independent dari South China Morning Post, Sabtu (28/1/2017).

Pejabat tersebut juga menyerukan penyebaran militer di wilayah yang memicu ketegangan macam Laut China Selatan dan Timur. Ia juga menyerukan penyebaran sistem pertahanan rudal untuk menjaga semenanjung Korea, dan sejumlah titik lainnya.

Presiden AS Donald Trump dan anggota pemerintahannya secara konsisten menyuarakan garis keras terhadap China. Trump telah mencap China sebagai negara manipulator mata uang dan menuding Beijing berlaku curang dalam perdagangan dan taktik ekonomi.

Namun yang lebih signifikan dalam hal keamanan. Trump mengabaikan prinsip satu China, kebijakan yang telah lama dipraktekan oleh AS, dengan melakukan kontak ke Presiden Taiwan Tsai Ing-wen. Langkah yang memicu reaksi negatif dari Beijing.

China menganggap Taiwan sebagai bagian dari wilayahnya dan AS telah menghormati kebijakan ini selama beberapa dekade. Namun, Trump mengisyaratkan akan meninggalkan kebijakan ini.


Credit  sindonews.com