Selasa, 10 Januari 2017

Cegah Agresi Rusia, Total Ratusan Tank AS Tiba di Jerman


 
Cegah Agresi Rusia, Total Ratusan Tank AS Tiba di Jerman
Ratusan tank tempur Amerika Serikat (AS) tiba di Jerman yang diklaim untuk mencegah agresi Rusia di Eropa. Foto / Ruptly
 
BERLIN - Lebih dari 100 tank tempur Abrams Amerika Serikat (AS) tiba di pelabuhan Bremerhaven, Jerman dengan kapal. AS klaim pengerahan ratusan tank tempur itu untuk melindungi sekutu-sekutunya di Eropa dari agresi Rusia.

Selain ratusan tank tempur Abrams, AS juga mengerahkan artileri Paladin dan kendaraan tempur Bradley. Semua akan terlibat dalam “Operation Atlantic Resolve”. Beberapa hari sebelumnya, AS mengonfirmasi ada sekitar 87 tank tempurnya yang tiba di Jerman.

 


Sesuai rencana, AS akan telah mengerahkan 2.800 unit perangkat keras militer dan 4 ribu tentara ke Eropa.

”Ini adalah upaya metodis pada bagian dari sekutu untuk bergerak dan mengatakan kepada semua orang, tentang siapa yang akan mengancam perdamaian dan keamanan di Eropa, untuk mengatakan bahwa itu tidak akan pernah ada, kami tidak akan membiarkan itu,” kata pejabat Angkatan Udara AS Letnan Jenderal Timothy M . Ray, seperti dikutip Russia Today, Senin (9/1/2017).

“Biarkan saya memperjalas; Ini adalah salah satu bagian dari upaya kami untuk menghalangi agresi Rusia, menjamin integritas wilayah sekutu kami dan mempertahankan Eropa yang utuh, bebas, makmur, dan damai,” ujar Ray.

”Apa yang penting tentang penyebaran ini adalah tim brigade tempur yang membawa semua peralatan mereka dari Amerika,” imbuh Wakil Komandan Angkatan Darat AS di Eropa, Mayor Jenderal Tim McGuire.

Gelombang pertama pasukan baru AS akan dipindahkan ke Polandia untuk berpartisipasi dalam latihan militer pada akhir bulan nanti, sebelum dikerahkan di tujuh negara, termasuk di negara-negara Baltik, Bulgaria, Rumania dan Jerman. Sebuah unit kantor pusat juga akan disiagakan di Jerman.

Credit  sindonews.com


Cegah Invasi Rusia, 87 Tank AS Tiba di Jerman

Cegah Invasi Rusia, 87 Tank AS Tiba di Jerman
Sedikitnya 87 tank AS tiba di pelabuhan Jerman. Foto/Istimewa
A+ A-
BERLIN - Sedikitnya 87 tank dan 144 kendaraan militer Amerika Serikat (AS) sedang dibongkat di pelabuhan Bremerhaven, Jerman. Ini adalah pengiriman terbesar dari brigade AS sejak jatuhnya Uni Soviet.

Seperti dikutip dari BBC, Sabtu (7/1/2017), peralatan militer dan 3.500 tentara AS akan ditempatkan di sepanjang perbatasan timur NATO. Penyebaran ini bertujuan untuk menghilangkan kekhawatiran potensi agresi Rusia di Eropa Timur.

Meski begitu, sejumlah pihak menilai jumlah tentara dan peralatan militer yang begitu besar ditakutkan malah akan memperburuk ketegangan dengan Moskow. Para pemimpin sayap kiri daerah Brandenburg telah menyerukan pembicaraan lebih lanjut dengan Rusia. Bradenburg adalah salah satu wilayah Jerman yang akan ditempati oleh tentara AS dalam dua minggu ke depan.

Kedatangan peralatan dan pasukan ini menandai awal dari sebuah fase baru Operasi Atlantic Resolve AS, sebagai awalan dari kehadiran terus menerus tim brigade lapis baja AS di Eropa secara rotasi selama sembilan bulan.

Pasukan baru akan berkumpul pertama kali di Polandia, kemudian menyebar di tujuh negara mulai dari Estonia hingga ke Bulgaria. Sementara unit kantor pusat akan ditempatkan di Jerman.

Anggota NATO lainnya juga akan meningkatkan kehadiran mereka di Eropa Timur. Inggris akan mengirimkan jet tempur ke wilayah Laut Hitam. Sementara satu batalion tentara, tank dan kendaraan militer lainnya akan menyebar ke Estonia di musim semi, yang didukung oleh pasukan Prancis dan Denmark. Jerman juga berencana untuk mengirim pasukan dan tank untuk Lithuania.



Credit  sindonews.com