Kamis, 08 September 2016

Presiden Filipina Akhirnya Bertemu Obama di KTT ASEAN Laos

 Rodrigo Duterte
Rodrigo Duterte
 
CB, VIENTIANE - Presiden Amerika Serikat (AS), Barack Obama, akhirnya bertemu dengan Presiden Filipina, Rodrigo Duterte, secara informal di KTT ASEAN, Laos, Rabu (7/9). Sumber dari Filipina mengatakan, mereka bertemu sebelum menghadiri makan malam dalam pertemuan puncak.

Sebelumnya, Obama membatalkan pertemuan resmi dengan Duterte yang dijadwalkan pada Selasa (6/9) lalu, karena telah mendapatkan penghinaan dari Presiden Filipina tersebut. Terkait pertemuan mereka, Pemerintah AS belum memberikan tanggapan.

Menteri Luar Negeri Filipina, Pefecto Yasay, mengatakan, keduanya bertemu di ruang tunggu. Obama dan Duterte adalah orang-orang terakhir yang meninggalkan ruang tunggu.

"Saya tidak dapat mengatakan berapa lama mereka bertemu. Amerika dan Filipina sebenarnya memiliki hubungan yang erat dan sangat kuat. Saya sangat senang mereka akhirnya bertemu," ujar Yasay.

Pada Senin (5/9), sebelum tiba di Laos, Duterte mengatakan kepada wartawan Filipina jika ia tidak akan menjawab pertanyaan Obama mengenai tindakannya membunuh pengedar narkoba. Lebih dari 2.000 orang pengedar narkoba di Filipina tewas sejak Duterte menjabat sebagai presiden pada 30 Juni lalu.

"Saya tidak punya tuan, kecuali masyarakat Filipina," kata dia.





Credit  REPUBLIKA.CO.ID