Senin, 16 Februari 2015

Presiden Wanita Pertama Kroasia Dilantik


Presiden Wanita Pertama Kroasia Dilantik


ZAGREB (CB) – Kolinda Grabar-Kitarovic diambil sumpahnya sebagai presiden wanita pertama Kroasia pada Minggu 15 Februari 2015. Dia meraih kemenangan dalam pemungutan suara di negara pecahan Yugoslavia tersebut.

Kolinda adalah mantan Menteri Luar Negeri Kroasia, dia juga pernah menjabat menjadi duta besar Kroasia untuk Amerika Serikat (AS), dan asisten sekretaris jenderal NATO. Kolinda mengalahkan saingannya yang beraliran liberal, Ivo Josipovic, dalam pemilihan presiden yang berlangsung ditengah ketidakpuasan karena masalah ekonomi di Kroasia, Januari 2015 lalu.

Upacara pelantikan Kolinda dihadiri oleh ribuan orang pendukungnya di sebuah alun-alun di kota Zagreb. Puluhan pemimpin negara dan pejabat asing juga menghadiri pelantikan tersebut.
Di antara yang hadir tampak Presiden Albania, Bosnia-Herzegovina, Hungaria, Kosovo, Macedonia, Montenegro, Slovakia, dan Slovenia. Tampak juga Perdana Menteri Serbia.
Usai pelantikan presiden baru tersebut berkata ingin menjadikan Kroasia sebagai negara yang kaya.
“Saya berharap kita dapat hidup seperti orang-orang di negara-negara Uni Eropa,” katanya seperti dikutip Gulf Today, Senin (16/2/2015).

Kolinda juga ingin memperbaiki hubungan Kroasia dengan negara tetangganya, Serbia, demi perdamaian di daerah Balkan.
Kemenangan Kolinda membuka jalan bagi partainya Partai Persatuan Demokrat Kroasia (CDU) untuk memenangkan pemilihan legislatif yang direncanakan akan digelar akhir tahun 2015.

Setelah meninggalnya Presiden Franjo Tudjman pada 1999, Kroasia mulai mengadopsi demokrasi, yang membuka jalan mereka untuk bergabung dengan Uni Eropa. Kroasia masuk menjadi anggota Uni Eropa pada 2013. Kolinda adalah Presiden Kroasia keempat sejak merdeka dari Yugoslavia.



Credit Okezone