Jumat, 13 Februari 2015

Belanja Militer Kawasan Asia Bertambah Banyak, Tiongkok dan Arab Yang Terbesar




 
CB - Berbeda dengan penurunan terus terlihat di Eropa, belanja militer secara keseluruhan telah meningkat di Asia – sejak tahun 2010 lebih dari seperempat total seluruh negara, tumbuh menjadi lebih dari US $ 340 triliun  pada tahun 2014 lalu. Dan diantara negara Asia negara Tiongkok masih menjadi negara yang menghabiskan anggaran cukup besar untuk belanja militernya yang diikuti Jepang dan Korea Selatan.
Pada tahun 2010 Tiongkok  menyumbang sekitar 28% dari total belanja Asia, namun pada tahun 2014 anggaran tersebut telah meningkat menjadi sekitar 38%. Program pengadaan militer Tiongkok  yang didukung oleh anggaran kenaikan ini, terus menarik perhatian. Setelah kebingungan program angkatan laut baru, dari operator Liaoning ke kapal. Persenjataan juga telah ditingkatkan. 60 frigat dan kapal perusak dalam pelayanan pada tahun 2000 memiliki kurang dari 600 anti-kapal dan permukaan-ke-udara rudal tabung di antara mereka; armada saat ini memiliki hampir tiga kali lipat angka dengan hanya 20% lebih.
Untuk negara Jepang, pengeluaran militer regional turun dari 20% pada tahun 2010 menjadi hanya kurang dari 14% pada tahun 2014.Jepang juga telah meningkatkan anggaran pertahanan, dan terus meningkatkan kemampuan militernya. Rencana pertahanan Tokyo termasuk pembelian  F-35, pesawat tilt-rotor dan armada kapal selam diperbanyak, termasuk Soryu kelas lanjutan.
Australia menilai Soryu kelas sebagai pengganti mungkin untuk kapal selam yang ada. Kapal selam tetap menjadi persyaratan utama bagi negara-negara di Asia. Vietnam telah mulai menerima nya kapal Kilo-class dari Rusia, dan India, Korea Selatan, Indonesia dan Singapura juga sedang meningkatkan kekuatan kapal selam mereka.
Selanjutnya Korea Selatan yang merupakan negara pemboros terbesar kesepuluh dalam hal belanja militer negaranya, menurut The International Institute for Strategic Studies (IISS)  bahwa anggaran belanja militer Korea Selatan mencapai 34,4 miliar dolar AS pada tahun 2014. Dan jika diurut Korea Selatan mencapai peringkat dunia kesepuluh terbesar, sebelum Jerman yang mengabiskan 43,9 miliar dollar AS.
Sebagai informasi,negara yang paling boros menghabiskan jatah anggaran militer terbesar adalah Amerika Serikat dengan budget sekitar 581 miliar  dolar AS, yang diikuti oleh Tiongkok, Arab Saudi, Rusia dan Inggris.



Credit VBIZNEWS.com