Sabtu, 02 Februari 2019

Rusia Akan Lawan Perusak Perjanjian INF

Pemimpin Uni Soviet Mikhail Gorbachev dan Presiden AS, Ronald Reagan saat penandatanganan perjanjian INF, 8 Desember 1987. Foto/Istimewa


MOSKOW - Kementerian Luar Negeri Rusia mengatakan alasan sebenarnya di balik langkah-langkah Amerika Serikat (AS) dalam masalah pengendalian senjata adalah pelemahan serius posisi Washington di arena internasional. Moskow dengan tegas menyangkal metode dan cara yang digunakan oleh AS mengenai topik pengendalian senjata.

"Federasi Rusia secara konsisten, terus-menerus dan tanpa syarat memenuhi kewajibannya di bidang pengendalian senjata, pelucutan senjata dan non-proliferasi. Kami secara kategoris menolak metode dan cara yang digunakan oleh Washington. Kami terbuka untuk menutup koordinasi dan kerja sama skala penuh dengan seperti negara-negara yang berpikiran untuk kepentingan memperkuat stabilitas strategis dan keamanan internasional," bunyi pernyataan itu seperti dikutip dari Sputnik, Sabtu (2/2/2019).


Selain itu, Moskow akan terus secara tegas melawan langkah-langkah destruktif terkait kontrol senjata dan non-proliferasi senjata pemusnah massal.

"Federasi Rusia akan terus menentang langkah-langkah destruktif di bidang pengendalian senjata dan non-proliferasi dengan mengkonsolidasikan komunitas internasional di sekitar agenda konstruktif yang bertujuan memperkuat sistem hukum internasional yang ada," kata kementerian itu.

AS telah berulang kali menyuarakan keprihatinan atas rudal 9M729 Novator Rusia. Menurut Washington hal itu melanggar ketentuan perjanjian nuklir. Namun Moskow membantah tuduhan AS sebagai tidak berdasar, bersikeras bahwa rudal itu diuji pada jarak yang diizinkan oleh Perjanjian INF.

Pada 24 Oktober, Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Ryabkov mengatakan, Moskow telah memberi Amerika Serikat semua informasi tentang kapan dan berapa jarak Moskow menguji rudal 9M729. Selain itu, Rusia mengatakan AS telah mengerahkan peluncur untuk rudal Tomahawk di Rumania dan Polandia yang melanggar Perjanjian INF, serta pesawat tempur maju dan membiayai penelitian tentang pengembangan rudal jelajah yang diluncurkan di darat.

Perjanjian INF ditandatangani pada tahun 1987 antara Uni Soviet dengan AS dan mulai berlaku pada tanggal 1 Juni 1988.


Sejak runtuhnya Uni Soviet, AS dan bekas republik Soviet Rusia, Belarus, Kazakhstan dan Ukraina telah berdiri dengan kewajiban mereka sebagai pihak aktif di bawah Perjanjian INF.

Presiden AS Donald Trump sebelumnya mengatakan berharap untuk membuat perjanjian baru yang "jauh lebih baik" dan akan mencakup lebih banyak negara daripada yang menjadi pihak dalam Perjanjian INF.

Trump pertama kali mengumumkan niatnya untuk menarik diri dari perjanjian kontrol senjata pada Oktober lalu, mengutip dugaan pelanggaran Rusia terhadap perjanjian bilateral tersebut. Pada Desember 2018, Pompeo mengatakan bahwa Rusia memiliki 60 hari untuk mulai mematuhi perjanjian itu, atau AS akan meninggalkan perjanjian pada 2 Februari.


Credit Sindonews.com


https://international.sindonews.com/read/1375529/41/rusia-akan-lawan-perusak-perjanjian-inf-1549054103