Selasa, 26 Februari 2019

Inggris Masukkan Sayap Politik Hizbullah Dalam Daftar Teroris




Inggris Masukkan Sayap Politik Hizbullah Dalam Daftar Teroris
Inggris dilaporkan akan melarang operasi sayap politik Hizbullah di negaranya dan akan turut memasukkannya dalam daftar hitam teroris Negerti Tiga Singa itu. Foto/Istimewa


LONDON - Inggris dilaporkan akan melarang operasi sayap politik Hizbullah di negaranya. Bukan hanya itu, London juga dilaporkan akan memasukkan sayap politik Hizbullah dalam daftar hitam teroris Inggris.

Menteri Dalam Negeri Inggris, Sajid Javid mengatakan, keputusan ini diambil karena sulit membedakan mana sayap politik dan militer Hizbullah, yang menurutnya berkontribusi pada tidak stabilnya situasi di Timur Tengah.

"Hizbullah terus berupaya untuk mengacaukan situasi rapuh di Timur Tengah dan kami tidak lagi dapat membedakan antara sayap militer mereka yang sudah dilarang dan partai politik," ucap Javid, seperti dilansir Sputnik pada Selasa (26/2).

"Karena itu, saya telah mengambil keputusan untuk melarang kelompok itu dalam keseluruhannya," sambungnya. Keputusan Javid masih membutuhkan persetujuan dari Parlemen Inggris untuk dapat disahkan.

Saat ini, Inggris dan Uni Eropa (UE) hanya mengklasifikasikan sayap militer Hizbullah sebagai entitas teroris. Hal ini memungkinkan anggota politik Hizbullah untuk beroperasi di negara itu, muncul pada rapat umum tahunan al-Quds di London yang penuh dengan bendera organisasi, yang mempromosikan penghancuran negara Yahudi.

Inggris telah melarang sayap militer Hizbullah pada 2008 setelah milisi asal Libanon menyerang tentara Inggris di Irak dan UE pada 2013 karena peran kelompok itu dalam serangan terhadap sebuah bus wisata Israel di Bulgaria. 


Credit  sindonews.com