Selasa, 26 Februari 2019

Belgia: Rivalitas Saudi-Iran Bahayakan Keamanan Eropa


Belgia: Rivalitas Saudi-Iran Bahayakan Keamanan Eropa
PM Belgia Charles Michel menyuarakan keyakinan bahwa kompetisi yang berlangsung lama antara Saudi dan Iran dapat membahayakan situasi keamanan di Eropa. Foto/Reuters

KAIRO - Perdana Menteri Belgia, Charles Michel menyuarakan keyakinan bahwa kompetisi regional yang berlangsung lama antara Arab Saudi dan Iran dapat membahayakan situasi keamanan di Eropa.

Berbicara saat menghadiri pertemuan Liga Arab dan Uni Eropa (UE) yang berlangsung di Kairo, Mesir, Michel mengatakan perseteruan antara kedua negara bukan hanya berdampak pada keamanan di kawasan, tapi juga bisa berpengaruh pada keamanan di Eropa.

"Ada persaingan antara Saudi dan Iran sejak Perang Dingin, yang mempengaruhi ketidakstabilan dan ketidakamanan wilayah itu, tetapi juga berdampak pada Eropa," kata Michel dalam sebuah perntyataan.

"Jadi kami ingin di Eropa untuk mempertahankan kepentingan geopolitik kami. Mereka tidak harus sama seperti halnya yang dilakukan Amerika Serikat (AS)," sambungnya, seperti dilansir Sputnik pada Senin (25/2).

Dia kemudian mengatakan bahwa melalui kehadirannya di pertemuan Liga Arab-UE, Belgia ingin mendorong stabilitas dan keamanan melalui kemitraan dan untuk berkontribusi memerangi terorisme dan mengatasi migrasi dengan cara paling terstruktur. 




Credit  sindonews.com