Kamis, 28 Februari 2019

Detik-detik Penangkapan Pilot India yang Ditembak Jatuh Pakistan




Militer Pakistan melaporkan telah menangkap pilot India bernama Abhi Nandan setelah menembak jatuh pesawat jet tempur India di wilayah Kashmir yang dikuasai Pakistan pada Rabu, 27 Februari 2019. News.co.au
Militer Pakistan melaporkan telah menangkap pilot India bernama Abhi Nandan setelah menembak jatuh pesawat jet tempur India di wilayah Kashmir yang dikuasai Pakistan pada Rabu, 27 Februari 2019. News.co.au

CB, Jakarta - Seorang pilot tempur India ditangkap setelah pesawat tempur MiG-21 yang diterbangkannya ditembak jatuh oleh pertahanan udara Pakistan.
Pilot Wing Commander bernama Abhinandan Varthaman ditangkap pada Rabu pagi. Video viral muncul di media sosial tak lama setelah laporan penangkapannya.
Video menunjukkan pilot menceritakan kondisinya baik selama ditahan oleh pemerintah Pakistan, yang menginterogasinya, menurut laporan Sputnik, 28 Februari 2019. Dia juga meminta pasukan India melakukan hal serupa jika pasukan Pakistan tertangkap.

"Saya ingin mencatat ini dan saya tidak akan mengubah pernyataan saya jika saya pergi ke negara saya bahwa para perwira tentara Pakistan telah merawat saya dengan sangat baik dan mereka adalah tuan-tuan yang baik hati ... Saya sangat terkesan dengan Angkatan Darat Pakistan," kata pria yang mengklaim sebagai pilot India.

Video lain muncul ke media sosial yang diduga memperlihatkan detik-detik penangkapan pilot yang jatuh.

Dalam video terlihat Abhinandan hampir dikeroyok massa, namun diselamatkan oleh tentara Pakistan di lokasi.
Video itu memperlihatkan tentara Pakistan meminta orang untuk tidak membunuh atau membahayakan pilot India yang ditangkap.
"Tidak ada yang boleh disakiti, tidak ada yang boleh membunuh," kata salah satu tentara berulang kali mengatakan kepada massa.

Sementara pemerintah India, melalui kementerian luar negeri, menyerukan Pakistan untuk segera membebaskan pilot India yang ditangkap oleh Angkatan Darat Pakistan setelah insiden udara di atas wilayah Kashmir.

"India juga sangat memprotes tayangan vulgar Pakistan atas personel yang terluka dari Angkatan Udara India yang melanggar semua norma Hukum Humaniter Internasional dan Konvensi Jenewa. Jelas bahwa Pakistan harus memastikan bahwa tidak ada bahaya yang menimpa personel India selama penahanannya. India juga mengharapkan dirinya segera dipulangkan dengan aman," kata Kemenlu India.
Sehari sebelum penangkapan pilot tempur India, Kementerian Luar Negeri India mengatakan sebuah pesawat tempur Pakistan ditembak jatuh dalam insiden udara di atas wilayah Kashmir dan mengkonfirmasi India juga kehilangan satu pesawat MiG-21.




Credit  tempo.co