Rabu, 27 Februari 2019

Donald Trump Tiba di Vietnam untuk Temui Kim Jong-Un


Donald Trump Tiba di Vietnam untuk Temui Kim Jong-Un
Presiden AS Donald Trump (kanan). (Lehtikuva/Heikki Saukkomaa via REUTERS)



Jakarta, CB -- Presiden AS Donald Trump dan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un tiba di Vietnam pada Selasa (26/2). Mereka akan mengadakan KTT kedua selama dua hari.

Pada pertemuan puncak ini, pihak AS mendesak langkah-langkah nyata Korea Utara untuk menghentikan program senjata nuklirnya.

Trump terbang ke Hanoi menggunakan Air Force One. Dia mendarat tepat sebelum pukul 9 malam waktu setempat.


"Baru saja tiba di Vietnam," tulisnya di posting Twitter. "Terima kasih untuk semua orang atas sambutan yang luar biasa di Hanoi. Kerumunan yang luar biasa, dan begitu banyak cinta!" dikutip Reuters, Rabu (27/2). 


Kim tiba dengan kereta api pada pagi hari setelah perjalanan tiga hari, sekitar 3.000 km (1.850 mil) dari ibu kota, Pyongyang, melalui Cina. Dia menyelesaikan perjalanan terakhir dari stasiun perbatasan ke Hanoi dengan menumpang mobil.

Kedua pemimpin, yang memulai hubungan hangat pada pertemuan puncak pertama mereka di Singapura Juni 2018, akan bertemu untuk berbicara empat mata pada Rabu malam, disertai makan malam. Mereka akan ditemani dua tamu dan penerjemah.

Donald Trump Tiba di Vietnam Temui Kim Jong-Un
Pertemuan Trump dan Kim di Singapura, 12 Juni 2018. (Anthony Wallace/Pool via Reuters)
Juru bicara Gedung Putih Sarah Sanders mengatakan mereka akan bertemu lagi pada Kamis.

Pembicaraan mereka dilakukan delapan bulan setelah pertemuan puncak bersejarah di Singapura pada Juni 2018. 



Pada pertemuan pertama itu, mereka berusaha memecahkan kebekuan setelah berpuluh-puluh tahun terjadi permusuhan sengit antara kedua negara. Pada pertemuan kali ini akan ada desakan untuk menagih komitmen Kim menuju denuklirisasi di seluruh semenanjung Korea.

Sebagai imbalannya, Kim akan mengharapkan konsesi penting AS seperti bantuan dari sanksi-sanksi dan pernyataan bahwa Perang Korea 1950-53 akhirnya secara resmi berakhir.

Trump, mendarat dalam kegelapan, melambaikan tangan saat ia turun dari Angkatan Udara Satu dan disambut oleh pejabat senior Vietnam dan A.S. Iring-iringan mobilnya melewati kerumunan orang yang mengibarkan bendera Vietnam, Amerika Serikat dan Korea Utara dalam perjalanan ke JW Marriott Hotel, tempat untuk pertemuan puncak selama dua hari.

Sebelumnya, para pejabat Vietnam menyambut Kim di stasiun di kota Dong Dang setelah ia melintasi perbatasan dari China dengan kereta api. Dia mendapat sambutan karpet merah dengan penjaga kehormatan, band militer dan mengibarkan bendera Korea Utara dan Vietnam. 



Kim ditemani oleh saudara perempuannya, Kim Yo Jong, seorang pembantu penting.

Sekitar selusin pengawal berlari sebentar di samping limusinnya ketika ia memulai perjalanan dua jam ke Hanoi. Kim tersenyum dan melambai kepada anak-anak yang berbaris di rute.





Credit  cnnindonesia.com