Kamis, 20 Desember 2018

Tiga Warganya Ditahan Cina, PM Kanada Tidak Mau Bertindak Gegabah

Justin Trudeau menangis saat membacakan eulogi untuk vokalis Hip Gord Downie. Independent.co.uk
Justin Trudeau menangis saat membacakan eulogi untuk vokalis Hip Gord Downie. Independent.co.uk

CB, Jakarta - Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau mengatakan dia tidak akan menggertak balik Cina setelah warga negaranya ditahan oleh Cina menyusul kasus penahanan bos Huawei.
Reuters melaporkan, 20 Desember 2018, satu lagi warga Kanada ditahan pada Rabu setelah Direktur Keuangan Huawei Meng Wanzhou ditangkap oleh Otoritas Kanada pada 1 Desember. Total ada tiga warga Kanada yang ditahan oleh Cina.

"Sikap politik atau pernyataan politik tidak akan berkontribusi. Mereka mungkin benar-benar tidak akan membebaskan warga Kanada. Kami akan menangani setiap situasi dengan hati-hati dan serius," kata Trudeau.
Trudeu meminta Cina untuk memberikan informasi lebih banyak terkait penahanan. Sejauh ini tidak ada rincian lebih jelas terkait penangkapan, namun Trudeu mengatakan penangkapan kali ini berbeda dengan penahanan mantan diplomat Kanada Michael Kovrig dan pengusaha Michael Spavor, yang diyakini sebagai balasan Cina terhadap penahanan Meng Wanzhou.

Meng Wanzhou, Kepala Eksekutif Huawei. Sumber: REUTERS/Alexander Bibik
Pemerintah Kanada menegaskan berulangkali tidak ada keterkaitan khusus antara penahanan Meng, putri pendiri Huawei, dengan penahanan Kovrig atau Spavor. Namun mantan diplomat Kanada dan negara barat meyakini penahanan penangkapan warga Kanada semacam balasan dari Cina.

Mantan diplomat untuk Myanmar dan mantan Ketua Partai Liberal Kanada, Rob Rae, mengatakan penangkapan ini bukan kebetulan semata dan lebih mirip seperti penyanderaan.

Pengusaha Kanada Michael Spavor (kiri) berjabat tangan dengan Kim Jong Un. (LinkedIn/Michael Spavor/Channel News Asia)




Seorang sumber yang memiliki pengetahuan langsung tentang situasi itu mengatakan para pejabat senior di Kementerian Luar Negeri Kanada telah mengadakan banyak pertemuan tentang para tahanan tetapi bahwa gugus tugas resmi belum dibuat.
Sumber kedua mengatakan Kanada khawatir bahwa para tahanan berada di otoritas yang memiliki keamanan tingkat Tinggi .


Sebelumnya AS dan Kanada dalam pertemuan menteri luar negeri masing-masing mengatakan sepakat untuk tidak mempolitisasi kasus Meng Wanzhou. Trudeu mengatakan kasus bos Huawei tidak boleh dipengaruhi oleh politik.
Kedutaan besar Cina di Ottawa mengaku tidak mendapat informasi terkait penahanan warga negara Kanada ketiga oleh Beijing.






Credit  tempo.co