Sabtu, 29 Desember 2018

Ada Penampakan Helikopter AS Saat Pasukan Turki Masuki Suriah

Konvoi pasukan Turki bergerak menuju kota Manbij, Suriah. Foto/Istimewa

DAMASKUS - Ketegangan meningkat di sekitar pusat utama Manbij yang dikuasai Kurdi di Suriah utara. Tak lama setelah Damaskus mengumumkan pengerahan pasukan ke kota itu, pasukan Turki menyeberang ke Suriah dan helikopter Amerika Serikat (AS) terlihat di udara.

Sebelumnya pada hari Jumat, Damaskus mengatakan bahwa pasukannya dikirim ke Manbij. Pengiriman pasukan itu sebagai tanggapan atas seruan oleh milisi YPG Kurdi menjelang operasi militer Turki yang meningkat.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan telah menolak untuk mempercayai pernyataan Suriah, mengesampingkannya hanya sebagai "aksi psikologis."

Kemudian pada hari itu, militer Turki menyeberang ke wilayah Suriah di kota perbatasan Jarablus di provinsi Aleppo. Rekaman video RT, Sabtu (29/12/2018), menunjukkan konvoi lapis baja pengangkut personel Ankara bergerak melalui jalan-jalan.

Dalam video lain dua pesawat, yang diyakini sebagai helikopter Angkatan Darat AS, terlihat berpatroli di daerah itu.

Manbij kembali menjadi tempat terpanas di peta Suriah setelah Donald Trump mengatakan awal bulan ini bahwa ia akan menarik pasukan AS dari wilayah-wilayah di Suriah yang dipegang oleh sekutu Washington, Kurdi.


Turki telah lama mengancam langkah militer terhadap YPG, yang diyakini sebagai organisasi teroris dan ancaman utama bagi keamanan nasional. Ankara bersikeras bahwa mereka perlu bertindak, karena AS tidak cukup melakukan untuk mengatasi kekhawatirannya terhadap pejuang bersenjata Kurdi.


Credit Sindonews.com


https://international.sindonews.com/read/1366591/43/ada-penampakan-helikopter-as-saat-pasukan-turki-masuki-suriah-1546067546