Senin, 31 Desember 2018

Perdana Menteri Hasina Wazed Kembali Menangkan Pemilu Bangladesh


Perdana Menteri Bangladesh Hasina Wazed, kanan, memenangkan pemilu Bangladesh 2018. Sumber: theherald.com.au

CBJakarta - Partai pengusung Perdana Menteri Bangladesh Hasina Wazed, memenangkan pemilu Bangladesh 2018. Komisi Pemilu pada Senin, 31 Desember 2018 mengumumkan Partai Liga Awami memenangkan 287 suara dari total 298 kursi yang diperebutkan.


Keputusan Komisi Pemilu itu ditolak oleh partai oposisi terbesar Bangladesh, Partai Nasionalis Bangladesh atau BNP. Partai itu hanya memenangkan enam kursi parlemen dan mengklaim hasil pemilu sudah dicurangi.

"Saya mengucapkan selamat kepada Liga Awami," kata Helal Uddin Ahmed, Ketua Komisi Pemilu Bangladesh, dalam pidatonya saat membacakan hasil pemilu yang disiarkan televisi.



Dikutip dari channelnewsasia.com, Senin, 31 Desember 2018, Kemenangan Liga Awami ini berarti Perdana Menteri Hasina untuk ketiga kalinya akan memimpin Bangladesh. Hasina dinilai telah berhasil meningkatkan perekonomian negaranya dan mempromosikan pembangunan.

Namun saat yang sama, dia pun dituduh telah melakukan pelanggaran HAM dan menekan media. Hasina menyangkal tuduhan ini.

Hasina dalam pemerintahannya yang ketiga, dihadapkan pada tuntutan menaikkan upah minimum karyawan, yang banyak bekerja di industri garmen. Bangladesh dikenal memiliki industri garmen terbesar kedua di dunia setelah Cina.



Ketua partai oposisi, Kamal Hossain mengatakan BNP telah beraliansi dengan Front Persatuan Nasional, menyerukan agar Komisi Pemilu melakukan perhitungan suara ulang secepatnya di bawah sebuah lembaga yang netral. Sebab perhitungan suara pada Senin, 31 Desember 2018, cacat.

Pemilu Bangladesh pada tahun ini juga diwarnai kericuhan yang menyebabkan 17 orang tewas ketika pemilu dilangsungkan. Sebelummya, dalam masa kampanye juga terjadi tindak kekerasan, dimana oposisi menuduh pemerintahan Hasina tak pernah mau mengakui hal ini.

Credit TEMPO.CO


https://dunia.tempo.co/read/1160226/perdana-menteri-hasina-wazed-kembali-menangkan-pemilu-bangladesh