Senin, 31 Desember 2018

Pesawat Antariksa Cina Bersiap Mendarat di Permukaan Gelap Bulan

Bulan sabit. Daily Express

CBShanghai – Sebuah pesawat ulang alik Cina sedang bergerak menuju satu titik pendaratan di sisi gelap bulan untuk pertama kalinya.

Misi luar angkasa ini merupakan misi penting negara itu untuk mengembangkan program antariksa. Cina memang bertekad untuk mengejar ketertinggalan dengan Rusia dan AS dalam eksplorasi antariksa pada 2030.

Lembaga Antariksa Nasional Cina mengatakan pesawat luar angkasa bernama Chang’e-4 ini mulai memasuki orbit yang direncanakan pada Ahad, 30 Desember 2018 untuk bersiap mendarat pada sisi gelap bulan.



“Lembaga ini tidak mengatakan kapan persisnya pendaratan itu akan dilakukan,” begitu dilansir kantor berita Cina, Xinhua News, seperti dikutip Channel News Asiapada Ahad, 30 Desember 2018.

Seperti diketahui, bulan memiliki posisi yang misterius yaitu tidak pernah melakukan rotasi pada posisinya. Ini membuat bagian bulan yang tampak dari Planet Bumi selalu sama.

Sejumlah pesawat luar angkasa dari berbagai negara telah mengitari sisi gelap bulan. Namun, baru kali ini pesawat antariksa bakal mendarat di sana.

Cina meluncurkan pesawat Chang’e – 4 pada awal Desember 2018. Pesawat ini diluncurkan menggunakan roket Long March – 3B. Pesawat luar angkasa ini memiliki mekanisme pendaratan dan sebuah penjelajah untuk mengeksplorasi permukaan bulan.  



 

Xinhua melansir pesawat ini telah memasuki orbit lunar pada pukul 8.55 waktu Beijing. Ini membuat pesawat berada dari 15 kilometer dari permukaan bulan. Pesawat ini pertama kali memasuki orbit bulan pada 12 Desember.

Secara resmi, pesawat ini bertugas melakukan observasi astronomi, survei permukaan dan pengecekan mineral tanah di bulan. Beberapa situs penggemar teori UFO dan alien mengatakan misi lain dari pengiriman pesawat antariksa Cina adalah mengecek adanya aktivitas penampakan UFO di sisi belakang bulan termasuk adanya bangunan dan struktur besar buatan.

Credit TEMPO.CO


https://dunia.tempo.co/read/1160089/pesawat-antariksa-cina-bersiap-mendarat-di-permukaan-gelap-bulan/full?view=ok