Sabtu, 29 Desember 2018

Ketinggalan Zaman, Jerman Minta Anggota DK PBB Diperluas

Jerman meminta keanggotaan DK PBB diperluas. Foto/Istimewa

BERLIN - Jerman tidak akan bosa mendorong Dewan Keamanan PBB diperluas untuk lebih mencerminkan keseimbangan kekuatan saat ini di dunia. Hal itu ditegaskan oleh Menteri Luar Negeri Jerman Heiko Maas.

"Mayoritas anggota PBB mendukung ini. Meskipun itu akan sulit, kami tidak akan lelah dalam menjaga topik ini dalam agenda," katanya dalam sebuah wawancara dengan kantor berita Jerman, DPA.

Jerman akan memegang mandat dua tahun untuk duduk di Dewan Keamanan PBB sebagai salah satu dari 10 anggota tidak tetap mulai Januari nanti, selain lima negara inti: Rusia, China, Prancis, Inggris, dan Amerika Serikat.

"Bagaimanapun, susunan Dewan Keamanan sudah ketinggalan zaman. Saya percaya bahwa keseimbangan kekuatan global harus diwakili jauh lebih baik daripada sekarang. Itulah mengapa saya pikir masuk akal untuk mengejar garis ini," Maas menekankan seperti dikutip dari Sputnik, Jumat (28/12/2018).


Ia mengatakan Jerman sedang bekerja dengan negara-negara lain - khususnya dengan Jepang, Brazil dan India - untuk mendapatkan kursi permanen di meja Dewan, menambahkan bahwa reformasi PBB sudah 20 tahun terlambat.

Credit Sindonews.com