Jumat, 28 Desember 2018

Rusia Sebut Pemicu Keputusan AS di Suriah Masih Misterius


Rusia Sebut Pemicu Keputusan AS di Suriah Masih Misterius
Rusia menuturkan, pihaknya belum mengetahui alasan sebenarnya dibalik keputusan AS untuk menarik mundur semua pasukan mereka yang berada di Suriah. Foto/Istimewa

MOSKOW - Rusia menuturkan, pihaknya belum mengetahui alasan sebenarnya dibalik keputusan Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump untuk menarik mundur semua pasukan mereka yang berada di Suriah.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia, Igor Tsarikov mengatakan, bukan hanya alasan AS menarik pasukan dari Suriah yang masih menjadi misteri. Namun, rencana masa depan Washington di Timur Tengah juga masih belum diketahui.

"Kami telah berulang kali menunjukkan bahwa kehadiran bersenjata tidak sah AS di Suriah adalah hambatan bagi penyelesaian konflik. Namun, kami masih belum tahu apa-apa tentang alasan keputusan rencana masa depan AS ini. Langkah pertama ini belum dapat dipecahkan," kata Tsarikov, seperti dilansir Sputnik pada Kamis (27/12).

Sementara itu, sebelumnya Rusia juga menuturkan, menyusul pasukan Washington menarik diri dari Suriah, kendali atas wilayah Suriah yang dikuasai AS harus diberikan kepada pemerintah Suriah.

Moskow menyebut, sejak AS mengumumkan mereka akan menarik pasukan dari Suriah, belum ada informasi tentang kontak yang relevan antara Washington dan Damaskus mengenai hal ini.

"Muncul pertanyaan, siapa yang akan menerima kendali atas wilayah Suriah yang dikuasai AS? Jelas, sesuai dengan hukum internasional dan dengan mempertimbangkan apa yang telah dilalui Suriah dan rakyatnya, itu haruslah pemerintah Suriah," ucap juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia lainnya, Maria Zakharova. 





Credit  sindonews.com