Minggu, 30 Desember 2018

Hari Ini, Bangladesh Gelar Pemilu Parlemen

Bangladesh menggelar pemilu parlemen, Minggu (30/12/2018). Foto/Istimewa

DHAKA - Bangladesh menggelar pemilihan umum (Pemilu) parlemen hari Minggu (30/12/2018) yang kontroversial. Para kritikus menyebut pemilu kali ini sebagai referendum atas pemerintahan Perdana Menteri Sheikh Hasina yang semakin otoriter.

Pesaing utama Hasina adalah mantan Perdana Menteri Khaleda Zia, pemimpin oposisi dari Partai Nasionalis Bangladesh. Ia dianggap tidak memenuhi syarat oleh pengadilan untuk mencalonkan diri karena berada di penjara karena kasus korupsi.

Meski begitu, seperti dinukil dari Fox News, baik Hasina maupun Zia telah keluar masuk kekuasaan dan penjara selama beberapa dekade.

Dengan absennya Zia, partai-partai oposisi telah membentuk koalisi yang dipimpin oleh Kamal Hossain, seorang pengacara jebolan Oxford berusia 82 tahun dan mantan anggota partai Liga Awami Hasina.

Pada jam 8 pagi hari Minggu ketika tempat pemungutan suara (TPS) dibuka, sekitar 80 orang telah berbaris untuk memberikan suara mereka di pusat pemilihan di daerah Uttara Model Town di Dhaka.

Para petugas TPS yang ditunjuk oleh para kandidat menunjukkan kepada para petugas Komisi Pemilihan mengosongkan kotak suara sebelum surat suara pertama dimasukkan.

Pendukung Liga Awami telah menyiapkan meja bantuan di jalan di luar tempat pemungutan suara bagi para pemilih untuk menemukan nomor seri pendaftaran mereka.

Ashraful Islam, seorang pensiunan insinyur, adalah yang pertama dalam antrean di pusat pemungutan suara Kota Model Uttara.

"Saya sangat senang," katanya.

Kampanye pemilu sendiri telah dinodai oleh penangkapan dan pemenjaraan dari apa yang dikatakan oposisi sebagai ribuan lawan Hasina, termasuk enam kandidat untuk Parlemen. Setidaknya selusin orang tewas dalam bentrokan terkait kampanye.

"Penggunaan mesin negara oleh Hasina untuk menaklukkan oposisi hampir memastikan kemenangannya dalam pemilihan," kata Sasha Riser-Kositsky, seorang analis Asia Selatan untuk Grup Eurasia yang berbasis di New York.

Kedua belah pihak berharap untuk menghindari terulangnya tahun 2014, ketika Zia dan BNP memboikot pemilihan umum dan partisipasi pemilih di negara Asia Selatan yang berpenduduk 160 juta orang itu hanya 22 persen. Lebih dari separuh dari 300 kursi parlemen tidak terbantahkan. Kemenangan mutlak Liga Awami ditanggapi dengan kekerasan yang menewaskan sedikitnya 22 orang.

Dalam Pemilu kali ini, sekitar 104 juta orang memenuhi syarat untuk memilih, termasuk banyak anak muda, yang merupakan pemilih pemula.


Sementara kelompok-kelompok hak asasi membunyikan alarm tentang erosi demokrasi Bangladesh, Hasina telah mempromosikan narasi yang berbeda, menyoroti agenda ekonomi yang ambisius yang telah mendorong Bangladesh melewati negara-negara tetangga yang lebih besar, macam Pakistan dan India melalui beberapa langkah pembangunan.

Pemilu diharapkan selesai pada pukul 16.00 waktu setempat di lebih dari 40.000 tempat pemungutan suara. Penghitungan akan dimulai segera setelah pemungutan suara berakhir. 

Hasina, yang mencari masa jabatan ketiga berturut-turut, memberikan suara di Dhaka.

Sekitar 600.000 pejabat keamanan, termasuk pasukan militer dan paramiliter, telah dikerahkan di seluruh negara itu dalam upaya untuk meredam aksi kekerasan dalam pemilihan umum ke-11 Bangladesh. Regulator telekomunikasi Bangladesh menutup layanan internet seluler secara nasional untuk mencegah kemungkinan pengorganisasian aksi protes.


Credit Sindonews.com

https://international.sindonews.com/read/1366699/40/hari-ini-bangladesh-gelar-pemilu-parlemen-1546144978