Sabtu, 29 Desember 2018

Pesawat Air Force One Trump Terfoto Saat Terbang Rahasia ke Irak

Pesawat Air Force One, yang ditumpangi Presiden AS, Donald Trump, dan Melania, terfoto oleh fotografer amatiran Alan Meloy saat dalam penerbangan rahasia menuju Irak pada 26 Desember 2018. Sky News

CBSheffield -- Kunjungan Presiden Amerikat, Donald Trump, ke Baghdad, Irak, ternyata sempat ‘bocor’ pada saat pesawat terbang Air Force One sedang melintasi langit Inggris.

Ini terjadi karena salah seorang penggemar fotografi pesawat terbang mengambil foto pesawat yang ditumpangi Trump dan istri Melania, dari halaman rumahnya di Sheffield, Inggris, pada 26 Desember 2018.

“Saya keluar dari dapur dan melihat ada jejak asap pesawat mengarah kepada saya dan berpikir coba lihat siapa itu. Ketika saya lihat dari teleskop dan berpikir ini layak di foto. Itu bukan pesawat biasa,” kata Alan Meloy, seorang fotografer amatiran dan penggemar pesawat terbang seperti dilansir CNN pada Kamis, 27 Desember 2018 waktu setempat.



 

Meloy, yang merupakan pensiunan ahli teknologi informasi dan gemar mengikuti pesawat melintas di langit sejak 40 tahun terakhir, menyadari warna pesawat itu berbeda.

“Saya benar-benar terkesima saat pesawat itu lewat. Saya tahu itu salah satu dari dua pesawat VC-25,” kata Meloy. Saya tentu tidak tahu siapa yang ada di dalam pesawat tapi berpikir itu pasti orang penting.

VC-25 merupakan pesawat modifikasi Boeing 747-200 dan biasa digunakan Presiden AS. Hanya ada dua unit dan biasa disebut Air Force One.

Meloy lalu mengunggah foto itu ke jejaring sosial untuk penggemar fotografi Flickr dan menunggu reaksi dari netizen. Sebagian mengatakan itu sebagai Air Force One dan sebagian lainnya membantah.

“Jadi saya hanya bisa mengatakan saya tahu apa yang saya lihat dan itu adalah VC-25. Hanya ada dua di dunia. Itu fotonya,” kata Meloy yang tidak ingin berspekulasi.

Foto jepretan Meloy itu lalu menjadi viral dan tersebar ke Twitter. Muncul spekulasi di Twitter jika Trump sedang dalam perjalanan ke Afganistan atau Irak.

Beberapa jam setelah unggahan foto Meloy itu, yang menggunakan kamera Canon 7D dari jarak sekitar 25 mil, pesawat dengan kode penerbangan Reach 358 itu mendarat secara rahasia di Al Asad Airbase, yang terletak di sebelah barat Baghada.

Di sana, Trump dan Melania bertemu dengan prajurit selama sekitar tiga jam. Dia juga berfoto bersama mereka untuk merayakan Natal.

“Jika Anda melihat apa yang harus kami lakukan pergi dengan pesawat gelap, semua jendela di tutup, tanpa lampu. Benar-benar gelap. Saya belum pernah mengalami seperti itu,” kata Trump kepada jurnalis di Irak. Penerbangan ke Baghdad Irak itu disiapkan selama 3-4 pekan.

Bekas agen rahasia Jonathan Wackrow, yang pernah ikut menyiapkan penerbangan penting ke kawasan konflik termasuk Presiden Barack Obama ke Afganistan, mengatakan munculnya foto pesawat Air Force One di Twitter bukanlah sebuah kebocoran keamanan. Tapi ini menimbulkan kekhawatiran dan sebuah pelajaran baru.



Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, secara mengejutkan menengok pasukan militer Amerika Serikat yang sedang bertugas di Irak, Rabu, 26 Desember 2018. Sumber: edition.cnn.com

“Di era sosial media, ini menunjukkan sebuah kelemahan baru dari agen rahasia dan militer, yang harus berhati-hati sekali di masa depan,” kata dia. “Ini merupakan wilayah baru termasuk sosial media jika dilihat dari perspektif ancaman dan dari perspektif kesadaran. Sehingga perencanaan masa depan harus menghitung ini.”

Kedatangan mendadak Trump di Irak ini menimbulkan kecaman dari tokoh politik Irak dan para pemimpin milisi. Mereka menilai kunjungan itu sebagai bentuk pelanggaran atas kedaulatan Irak. Rencana pertemuan PM Irak Adel Abdul Mahdi dan Trump dibatalkan karena perbedaan pendapat soal lokasi.

Sabah al Saadi, yang merupakan tokoh dari blok Islah di parlemen Irak, mengecam kedatangan Trump, seperti dilansir Reuters. “Meminta pertemuan darurat parlemen untuk mendiskusikan pelanggaran terang-terangan kedaulatan Irak dan menghentikan tindakan agresif olth Trump, yang seharusnya tahu batasan. Pendudukan AS atas Irak sudah berakhir,” kata dia seperti dilansir Reuters.

Credit Tempo.co

https://dunia.tempo.co/read/1159710/pesawat-air-force-one-trump-terfoto-saat-terbang-rahasia-ke-irak