Rabu, 19 Desember 2018

Pria Kulit Hitam Ingin Cairkan Cek Gaji, Bank di Ohio Telepon 911



Pria Kulit Hitam Ingin Cairkan Cek Gaji, Bank di Ohio Telepon 911
Foto/Ilustrasi/Istimewa


OHIO - Seorang pria kulit hitam bernama Paul McCowns harus berurusan dengan pihak kepolisian setelah ia hendak mencairkan cek gajinya.

Cerita bermula saat McCowns siap menguangkan cek gaji pertamanya setelah tiga minggu bekerja. Awalnya semua berjalan lancar saat ia memasuki cabang Huntington Bank di Brooklyn, Ohio. Bank itu kemudian meminta dua kartu identitas McCowns. Seorang karyawan kemudian meminta sidik jari, yang merupakan prosedur standar untuk pelanggan non-Huntington yang mencoba melakukan cek tunai, menurut bank.

Tapi karyawan bank itu mulai mempertanyakan legitimasi ceknya, yang bernilai lebih dari USD1.000. Mereka menelepon sebuah perusahaan listrik tempat McCowns bekerja, beberapa kali untuk mengkonfirmasi, tetapi tidak mendapatkan jawaban. Pihak bank pun lantas mengusirnya.

Beberapa saat kemudian, dia diborgol dan dimasukkan ke bagian belakang mobil polisi.

"Saya masuk ke truk saya, dan mobil patroli (berhenti) di depan saya, dan berkata, 'Keluar dari mobil,'" kata McCowns, seperti dikutip dari New Zealand Herald, Rabu (19/12/2018).

Seorang karyawan bank ternyata telah menelepon polisi Brooklyn, yang menahan McCowns sampai mereka bisa memverifikasi jika cek itu asli.

"'Ya, dia bekerja untuk saya, dia baru mulai, dan ya, perusahaan saya memang membayarnya sebesar itu,'" tutur McCowns menirukan pernyataan pihak perusahaan tempatnya bekerja, membenarkan jika cek yang dimilikinya adalah asli.

Dalam panggilan 911, seorang karyawan di bank terdengar mengatakan kepada operator bahwa McCown telah mencoba menguangkan cek palsu.

"Apakah dia tahu kamu menelepon 911?" tanya operator. "Tidak," jawab karyawan itu.

Kepala Polisi Brooklyn, Scott Mielke, mengatakan bahwa sejak bulan Juli, setidaknya ada 10 panggilan ke cabang Huntington Bank di mana McCown ditahan - yang semuanya telah mengakibatkan penangkapan untuk pemeriksaan palsu.

Seorang juru bicara dari Huntington Bank mengkonfirmasi pernyataan Mielke, menambahkan bahwa insiden baru-baru ini telah membuat karyawan dan teller di kantor cabang kewaspadaan tinggi. Juru bicara itu mengatakan mereka telah berusaha menghubungi McCown beberapa kali untuk meminta maaf tetapi dia belum membalas panggilan mereka. Pihak bank mengeluarkan pernyataan berikut:

"Kami dengan tulus meminta maaf kepada Tuan McCowns atas kejadian yang sangat tidak mengenakkan ini. Kami menerima tanggung jawab untuk menghubungi polisi serta interaksi kami sendiri dengan Tuan McCown. Siapa pun yang masuk ke cabang Huntington harus merasa disambut. Sayangnya, itu tidak terjadi di kasus ini dan kami sangat menyesal. Kami menganggap diri kami bertanggung jawab atas standar etika tertinggi dalam cara kami mengoperasikan, mempekerjakan dan melatih rekan kerja, dan berinteraksi dengan komunitas yang kami miliki hak istimewa untuk melayani."

McCowns tidak membalas panggilan yang meminta komentar Jumat sore. Dia mengatakan bahwa dia tidak lagi kesulitan menguangkan cek gajinya ke cabang Huntington lain pada hari berikutnya.

"Orang yang membuat panggilan telepon itu - manajer itu, teller itu - siapa pun yang membuat panggilan telepon itu, saya merasa seolah-olah mereka telah menghakimi saya," kata McCowns.

Dia menambahkan bahwa bank harus mengubah kebijakannya untuk orang-orang yang bukan pemegang rekening di bank itu. 




Credit  sindonews.com