Jumat, 05 Oktober 2018

Pentagon Sebut China Ancaman Bagi AS


Pentagon Sebut China Ancaman Bagi AS
Foto/Ilustrasi/Istimewa

WASHINGTON - Dua buah penelitian yang disponsori oleh Pentagon melaporan China sebagai ancaman yang semakin besar terhadap pertahanan Amerika Serikat (AS). Sasarannya adalah keamanan nasional negara itu melalui pasokan bahan dan kemampuan perang informasi.

Laporan berisi 150 halaman itu mengungkapkan ada sekitar 300 kerentanan yang dapat mempengaruhi komponen dan material penting bagi militer AS dan merekomendasikan investasi langsung di sektor industri penting Amerika. Rencana spesifik juga tercantum dalam apendiks yang masih dirahasiakan.



"Temuan utama dari laporan ini adalah bahwa China mewakili risiko yang signifikan dan terus meningkat terhadap pasokan bahan dan teknologi yang dianggap strategis dan penting bagi keamanan nasional AS," bunyi laporan itu seperti dikutip dari Sputnik, Jumat (5/10/2018).

Laporan tersebut mencatat bahwa 90% dari papan sirkuit cetak dunia diproduksi di Asia, dengan lebih dari setengah diproduksi di China saja, sehingga memungkinkan Beijing untuk memotong pasokan bahan atau untuk menyabot teknologi.

"Dengan migrasi offshore manufaktur papan sirkuit, (Departemen Pertahanan) berisiko kehilangan visibilitas ke manufaktur asal produk-produknya," kata laporan itu, mencatat bahwa Pentagon telah berhati-hati tentang "kill switches" di transistor yang bisa mematikan sistem AS yang sensitif selama konflik, serta chip "Trojan" dan virus yang menyusupi sistem pertahanan AS.

Laporan itu juga telah membahas upaya China yang tidak adil dan melanggar hukum untuk merusak industri AS melalui sejumlah strategi, termasuk dengan mensubsidi ekspor dengan harga rendah yang artifisial dan mencuri teknologi AS.

Laporan tersebut juga memeriksa kekurangan AS yang berkontribusi pada melemahnya industri domestik, termasuk anggaran pertahanan AS yang menggelinding dan kurangnya pendidikan sains serta teknologi yang tepat.

“Baru ada kegagalan pasar di sini. Jadi kita bisa menciptakan insentif baru untuk mendorong investasi di bidang-bidang tersebut untuk membantu diversifikasi diri,” kata Eric Chewning, asisten deputi menteri pertahanan yang mengawasi kebijakan basis industri.

Laporan lain, dikutip oleh Washington Free Beacon dan dirilis minggu ini oleh National Defence University berbicara tentang strategi baru pasukan pendukung. Pasukan tersebut, menurut laporan itu, menggabungkan beberapa Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) terdepan dalam peperangan dan kemampuan intelijen menjadi satu unit untuk mencapai ruang gabungan, siber, kemampuan perang informasi dan intelijen serta pasukan spionase.

Laporan 84 halaman, ditulis bersama oleh mantan spesialis National Security Agency China John Costello dan ahli keamanan siber Joe McReynolds, menyebut unit baru China sebagai Kekuatan Dukungan Strategis (SSF). Laporan tersebut mengatakan bahwa China memandang siber, elektronik, dan perang psikologis terkoneksi dengan subkomponen informasi perang tertulis.

Studi ini menunjukkan bahwa SSF akan mencari kekuatan untuk mengendalikan persepsi dan membentuk narasi yang memajukan kepentingan China dan melemahkan mereka dari lawan.

Kedua laporan itu mengikuti tuduhan Wakil Presiden Mike Pence terhadap China pada hari Kamis bahwa Beijing berusaha untuk merongrong Presiden AS Donald Trump menjelang pemilu sela pada 6 November, dengan ikut campur dalam demokrasi Amerika. Namun China membantah tuduhan tersebut. 



Credit  sindonews.com