Senin, 13 Februari 2017

Trump 100 Persen Dukung Jepang setelah Korut Luncurkan Rudal


 
Trump 100 Persen Dukung Jepang setelah Korut Luncurkan Rudal  
Presiden Donald Trump (kanan), menyatakan sepenuhnya mendukung PM Shinzo Abe (kiri) soal rudal Korut. (REUTERS/Carlos Barria)
 
Jakarta, CB -- Presiden Donald Trump meyakinkan Jepang bahwa Amerika Serikat memberikan dukungannya secara penuh, menyusul peluncuran peluru kendali balistik Korea Utara, Minggu (12/1).

"Saya hanya ingin semua orang tahu dan sepenuhnya tahu bahwa Amerika Serikat mendukung Jepang, sekutu hebatnya, 100 persen," kata Trump dalam konferensi pers bersama Perdana Menteri Shinzo Abe.

Sebagaimana dikutip AFP, dalam kesempatan yang sama Abe mengatakan peluncuran rudal pertama kalinya sejak Trump menjabat itu "sangat tidak bisa ditoleransi."

"Korea Utara mesti mengikuti sepenuhnya resolusi Dewan Keamanan PBB," kata Abe.

Kedua pimpinan negara itu berbicara setelah menghabiskan hari di resort mewah Trump di Florida, bermain Golf dan makan bersama para istri.

Jumat kemarin, Trump dan Abe bertemu di Gedung Putih dan menegaskan hubungan baik kedua negara.

Peluncuran rudal Kroea Utara dilakukan pada 7.55 waktu setempat dari pangkalan udara Banghyon di Pyongan Utara. Peluru itu mengudara ke arah Laut Jepang, kata Kementerian Pertahanan Korea Selatan.

"Kepastian soal jenis rudal balistik itu masih diidentifikasi," kata seorang juru bicara kementerian pada AFP.

Lima uji coba nuklir dan serangkaian peluncuran rudal sejak 2006 silam membuat Korut semakin dihantam sanksi internasional.

Namun, langkah-langkah itu tidak membuat Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un, menghentikan ambisinya soal persenjataan nuklir.



Credit  CNN Indonesia