Jumat, 08 September 2017

India Diminta Siap untuk Perang Simultan Lawan China dan Pakistan



India Diminta Siap untuk Perang Simultan Lawan China dan Pakistan
Para pejabat tinggi militer India saat mengunjungi situs uji coba senjata di Sergeyevsky, wilayah Primorye. Foto/Sputnik/Vitaliy Ankov



NEW DELHI - Kepala Angkatan Darat India Jenderal Bipin Rawat memperingatkan atasannya  bahwa New Delhi harus dipersiapkan untuk perang simultan dengan China dan Pakistan jika hubungan terus memburuk.

Jenderal Rawat membuat komentar sebelum Center for Land Warfare Studies membuat diskusi tentang hubungan India dengan China pada hari Rabu. Dia menuduh Beijing ”melenturkan otot-ototnya” dan terus memperluas klaim kedaulatan atas tanah dan laut.

“Mengiris salami, mengambil alih wilayah dengan cara yang sangat bertahap, menguji batas adalah sesuatu yang harus kita waspadai dan tetap siap menghadapi situasi yang muncul secara bertahap dalam konflik,” katanya.

China telah berseteru di kawasan dengan banyak tetangganya, termasuk dengan India di Arunachal Pradesh dan dengan Jepang di Laut China Timur.

Beijing juga berseteru dengan Filipina dan Vietnam di Laut China Selatan, dan yang terakhir dengan Bhutan di Dataran Tinggi Doklam. Bhutan yang dipandang sebagai wakil India dalam kebuntuan 10 minggu dengan China.

Rawat menambahkan bahwa ada sedikit harapan untuk melakukan rekonsiliasi dengan rival lamanya, Pakistan, yang kini telah menjadi sangat dekat dengan China.

”Apakah konflik ini akan terbatas dan terbatas dalam ruang dan waktu, atau apakah ini dapat meluas menjadi perang habis-habisan dengan (Pakistan) yang mengambil keuntungan dari situasi yang berkembang di perbatasan utara, sangat mungkin terjadi,” kata Rawat, seperti dilansir Sputnik, Jumat (8/9/2017).

India dan Pakistan telah berulang kali bentrok terkait sengketa perbatasan di wilayah Kashmir dan Punjab. Kedua negara ini terlibat dalam beberapa perang di wilayah tersebut tahun 1947.

Sekitar 111 hingga 151 orang tewas dalam pertempuran pada tahun 2014 dan 2015. Mulai pertengahan 2016, kelompok separatis telah melawan pasukan keamanan India di Kashmir, menyebabkan setidaknya 92 orang tewas, 19.000 luka-luka, dan lebih dari 8.500 orang ditangkap. India mengklaim bahwa Pakistan mendanai separatis untuk melemahkan pertahanan India.

Rawat menolak anggapan bahwa ketiga negara yang menjadi kekuatan nuklir akan mencegah peperangan. ”Senjata nuklir adalah senjata penangkal, ya, memang, tapi untuk mengatakan bahwa mereka dapat mencegah perang atau mereka tidak akan membiarkan negara-negara berperang, dalam konteks kita yang mungkin juga tidak benar,” katanya. Jika hubungan terus menurun, maka peperangan terletak di dalam wilayah realitas.”



Credit  sindonews.com