Jumat, 08 September 2017

Gempa 8,1 SR Guncang Meksiko, Tsunami Akan Terjang 8 Negara


Gempa 8,1 SR Guncang Meksiko, Tsunami Akan Terjang 8 Negara
Photo : USGS
Lokasi gempa Meksiko.


CB – Gempa besar dengan magnitude 8,1 Skala Richter (SR) mengguncang wilayah Meksiko. Guncangan gempa ini diperkirakan bakal menimbulkan gelombang tsunami.
Menurut Badan Survei Geologi Amerika Serikat atau United States Geological Survey (USGS), gempa terjadi pada pukul 04.49.21 Waktu Universal Terkoordinasi (UTC), Jumat, 8 September 2017.

Lokasi gempa berada 87 kilometer barat daya Kota Pijijiapan, Meksiko, atau berada pada koordinat 15.068°N- 93.715°W, sementara pusat gampa berada di kedalaman 69,7 kilometer.
Usai guncangan gempa itu, National Oceanic and Atmospheric Administration atau NOAA  mengeluarkan peringatan gelombang tsunami.
NOAA memperkirakan gelombang tsunami bakal menerjang puluhan di delapan negara wilayah seperti Meksiko, Guatemala, El Salvador, Costa Rica, Nikaragua, Panama, Honduras, dan Ekuador.


Credit  VIVA.co.id


Tsunami Gempa Meksiko Akan Terjang 8 Negara dalam Tiga Jam



CB – Penduduk di sekitaran wilayah lepas pantai Meksiko dan tujuh negara lainnya diminta segera mengungsi usai gempa dengan kekuatan magnitude 8,1 Skala Richter mengguncang.
Pusat peringatan tsunami, National Oceanic and Atmospheric Administration atau NOAA menyatakan, gelombang tsunami diperkirakan bakal tiba dan menerjang pesisir pantai sekitar tiga jam setelah guncangan gempa.

Delapan negara yang diperkirakan bakal diterjang gelombang tsunami, di antaranya Meksiko, Guatemala, El Salvador, Costa Rica, Nikaragua, Panama, Honduras, dan Ekuador.
Diperkirakan ketinggian gelombang tsunami mencapai 0.3 hingga satu meter diperkirakan akan menerjang Kepulauan Cook, Ekuador, Fiji, Polynesia timur, Guatemala dan Kiribati.
Dilansir The Guardian, gelombang awal telah tercatat terjadi di kota-kota Meksiko, seperti Salina Cruz, Puerto Madero dan Huatulco, berada di antara ketinggian 0.3-0.7 meter di atas permukaan air pasang.
Sementara gelombang di bawah 0.3 meter diperkirakan terjadi di negara-negara sejauh Australia, Jepang dan Vietnam. Pusat peringatan tersebut mengatakan ancaman tsunami di Hawaii masih dalam evaluasi.

Sebelumnya dalam situs resminya, Badan Survei Geologi Amerika Serikat atau United States Geological Survey (USGS) menyatakan, gempa terjadi pada pukul 04.49.21 Waktu Universal Terkoordinasi (UTC), Jumat, 8 September 2017, atau Kamis, 7 September 2017 waktu Meksiko.




Credit  VIVA.co.id

Gempa 8,1 SR di Meksiko, Tsunaminya Sampai Australia


CB – Setidaknya lima orang dinyatakan meninggal dunia setelah gempa berkekuatan 8.1 SR melanda Meksiko, Kamis malam waktu setempat. Gempa ini juga menyebabkan peringatan tsunami untuk negara-negara di kawasan Amerika Tengah.
Gubernur negara bagian Chiapas di Meksiko mengumumkan korban tewas tersebut menyusul gempa paling kuat yang melanda negara itu sejak tahun 1985, yang terjadi di 119 km selatan barat daya Tres Picos.

Pusat Peringatan Tsunami Pasifik mengatakan bahwa ada potensi tsunami yang dipicu oleh gempa tersebut, yang diperkirakan akan melanda Guatemala, El Savador, Kosta Rika, Nikaragua, Panama, Honduras dan Ekuador.
Dalam sebuah peringatan, diperkirakan gelombang setinggi tiga meter akan terjadi di bagian pantai Meksiko, sementara gelombang setinggi 0.3 hingga satu meter diperkirakan akan menerjang Kepulauan Cook, Ekuador, Fiji, Polynesia timur, Guatemala dan Kiribati.
Dilansir The Guardian, gelombang awal telah tercatat terjadi di kota-kota Meksiko seperti Salina Cruz, Puerto Madero dan Huatulco, berada di antara ketingian 0.3-0.7 meter di atas permukaan air pasang.
Sementara gelombang di bawah 0.3 meter diperkirakan terjadi di negara-negara sejauh Australia, Jepang dan Vietnam. Pusat peringatan tersebut mengatakan ancaman tsunami di Hawaii masih dalam evaluasi.
Sementara Reuters memberitakan, gelombang tsunami yang berbahaya dimungkinkan sampai dalam tiga jam. Badan Bencana Nasional meminta seluruh warga yang berada di pesisir untuk bersiaga. Tak ada perintah evakuasi, namun seluruh warga diminta terus memantau siaran radio darurat.

Situasi kota Mexico City masih darurat. Seluruh jendela di bandara internasional Meksiko dikabarkan rusak. Sebuah hotel, The Cornice, yang berada di kawasan turis di Oaxaca runtuh. Sejumlah gedung juga dikabarkan rusak parah. Saksi mata mengabarkan kepada Reuters, orang-orang berlarian di jalan dalam kondisi masih mengenakan piyama dan suara alarmm terus berbunyi.




Credit  VIVA.co.id