Selasa, 05 Mei 2015

ISIS Jarah Persenjataan Tentara Irak dan Suriah


ISIS dilaorkan memiliki pesawat tempur jenis MIG 23 (Foto : Reuters)
ISIS dilaorkan memiliki pesawat tempur jenis MIG 23 (Foto : Reuters)
BAGHDAD  (CB)Kelompok militan ISIS diduga telah memiliki persenjataan dan kendaraan perang termasuk tank dan pesawat tempur. Perlengkapan militer itu mereka dapatkan dengan menjarah pasukan Irak dan Suriah.
Laporan dari Express, Selasa (5/5/2015), menyebutkan jenis persenjataan yang mereka terdiri dari beragam jenis mulai kendaraan tempur Humvee milik militer Amerika Serikat (AS) hingga pesawat tempur MIG 23.
Kebanyakan dari persenjataan itu mereka dapatkan dari pasukan Irak dan Suriah. Kelompok militan ISIS mendapatkan tank-tank mereka dari para pemberontak Suriah, termasuk tank T-72 buatan Soviet. Mereka juga mendapatkan senjata anti pesawat udara dan pengangkutnya. Selain jenis T-72, ISIS juga memiliki tank keluaran lama T-55 beserta beberapa roket anti tank dan peluncur granat.
Selama ini, senjata yang akrab dengan kelompok militan dan pemberontak adalah jenis automatic kalashnikov atau AK dan berbagai variannya. Namun, dikabarkan ISIS juga telah berhasil mendapatkan senjata M-16 buatan AS.
Mereka juga diketahui memiliki tiga unit pesawat tempur jenis MIG buatan Rusia. Saksi mata melaporkan, kemungkinan jenis MIG yang dimiliki ISIS adalah MIG 21 atau MIG 23. Belum jelas bagaimana ISIS merawat pesawat-pesawat mereka, akan tetapi dengan adanya kekuatan udara di pihak ISIS dikhawatirkan peristiwa yang serupa dengan 9/11 dapat terjadi lagi.
Semua perlengkapan ini membuat kekuatan ISIS semakin sulit ditakar. Pemerintah AS pernah memperkirakan bahwa ISIS berada dalam keadaan terdesak karena wilayah-wilayahnya di Irak semakin berkurang. Tapi, di Suriah kekuatan ISIS justru diperkirakan semakin besar.



Credit  Okezone