Kamis, 06 Desember 2018

Pompeo Sebut Trump Sedang Bentuk Tatanan Dunia Baru


Pompeo Sebut Trump Sedang Bentuk Tatanan Dunia Baru
Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Mike Pompeo menyatakan, Presiden AS, Donald Trump sedang berusaha membentuk tatanan dunia baru yang demokratis. Foto/Reuters

WASHINGTON - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Mike Pompeo menyatakan, Presiden AS, Donald Trump sedang berusaha membentuk tatanan dunia baru yang demokratis. Untuk mencapai itu, papar Pompeo, Washington akan memperkuat atau membuang perjanjian internasional yang dianggap perlu untuk menghentikan "aktor-aktor jahat" seperti Rusia, China dan Iran untuk mendapatkan keuntungan.

Dalam sebuah twist pada kebijakan "Amerika Pertama" Trump, Pompeo mengatakan Trump tidak meninggalkan kepemimpinan globalnya, tetapi membentuk kembali sistem pasca Perang Dunia Kedua atas dasar negara berdaulat, bukan lembaga multilateral.

"Dalam tradisi terbaik demokrasi besar kami, kami mengerahkan negara-negara ningrat untuk membangun sebuah tatanan liberal baru yang mencegah perang dan mencapai kemakmuran yang lebih besar," kata Pompeo dalam sebuah pernyataan.

"Kami bertindak untuk melestarikan, melindungi, dan memajukan dunia yang terbuka, adil, transparan dan bebas dari negara-negara berdaulat," sambungnya, seperti dilansir Reuters pada Rabu (5/12).

Pompeo mengatakan, Trump sedang mereformasi ordo liberal, bukan menghancurkannya. Dia mengutip keputusan Inggris untuk keluar dari Uni Eropa (UE) sebagai tanda organisasi supranasional tidak berfungsi.

Mantan bos CIA itu menambahkan Trump juga akan mendorong baik Bank Dunia dan Dana Moneter Internasional untuk menghentikan negara-negara pemberi dana seperti China. Dia mengatakan mereka sudah memiliki akses ke pasar keuangan untuk menaikkan modal. 



Credit  sindonews.com