Senin, 15 Desember 2014

Menyelami Alor, Surga Bawah Laut yang Fantastis


Menyelami Alor, Surga Bawah Laut yang Fantastis Pantai Alor (aq-photography.com/Flickr.com)
 
 
Jakarta, CB -- Sebagai negara kepulauan, tentunya Indonesia memiliki beragam keindahan alam bawah laut berikut ekosistemnya. Bahkan Indonesia dinobatkan sebagai salah satu negara dengan surga bawah laut terindah di dunia.

Bersamaan dengan semakin majunya industri pariwisata Indonesia, satu per satu keindahan alam bawah laut Indonesia pun terus mencuat ke publik. Banyak tempat-tempat wisata baru yang mengunggulkan keindahan wisata bahari, salah satunya Taman Laut Alor.

Memang keindahan alam bawah laut Alor belum banyak terekspos, namun bukan berarti Alor tidak memiliki keindahan alam yang menakjubkan.

"Pengalaman saya ke Alor sangat menakjubkan. Alam bawah lautnya fantastik," kata Ria Qorina, salah satu fotografer dalam buku Alor Underwater di Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata, Jakarta, Senin (15/12).

Ria menuturkan, laut Alor sangat jernih dan bersih. Arus airnya kencang dan suhu airnya dingin. Banyak juga koral warna-warni yang terdapat di bawah laut Alor.

"Banyak binatang kecil atau makro. Bahkan di kedalaman sembilan sampai 10 meter saja binatangnya sudah banyak. Malam hari pun banyak," ujarnya.

Tidak hanya Rina, salah satu penulis buku Alor Underwater, Riyani Djangkaru, juga mengaku sangat terpesona dengan keindahan bawah laut pulau di Nusa Tenggara Timur itu.

"Alor punya underwater yang gila banget, enggak bisa dibandingin. Punya keunikan sendiri," ucap Riyani.

Menurut Riyani, kekayaan ekosistem Alor pun beragam. Tahun lalu, di Alor ditemukan beberapa spesies endemik. Bahkan ada ikan mola-mola, marlin dan paus.

"Alor tuh lengkap sekali ikan-ikannya," tukasnya.

Bagi para penyelam, Alor merupakan salah satu spot menyelam terfavorit. Bahkan Riyani mengaku sudah enam kali pergi ke Alor.

Tidak hanya kekayaan wisata bahari yang memesona, Alor juga memikat dari sisi sosial budaya. Keramahan penduduk dan keragaman budayanya membuat orang selalu ingin kembali ke sana.

"Alor itu pulau kecil yang bahasa daerahnya di atas 50, tiap tetangga bahasanya sapaannya berbeda," ungkap Riyani.

Selain untuk menyelam, tentunya Alor juga menjadi pilihan yang tepat untuk snorkeling. Di Alor, kita juga bisa menyaksikan warga memancing menggunakan layangan.



Credit CNN Indonesia