Senin, 18 Maret 2019

Dunia Dukung Will Connolly, Penimpuk Telur ke Senator Australia



Foto yang diambil dari video memperlihatkan seorang pemuda melempar telur ke kepala Senator Queensland, Fraser Anning, di Melbourne, Australia, Sabtu 16 Maret 2019. Aksi pemuda tersebut sebagai wujud ketidakpuasan pernyataan Anning yang menyalahkan umat Muslim atas terjadinya penembakan di masjid Selandia baru. Foto/video instagram
Foto yang diambil dari video memperlihatkan seorang pemuda melempar telur ke kepala Senator Queensland, Fraser Anning, di Melbourne, Australia, Sabtu 16 Maret 2019. Aksi pemuda tersebut sebagai wujud ketidakpuasan pernyataan Anning yang menyalahkan umat Muslim atas terjadinya penembakan di masjid Selandia baru. Foto/video instagram

CB, Jakarta - Will Connolly, remaja yang menimpuk telur ke kepala senator Australia, Fraser Anning yang menyalahkan muslim dalam serangan teroris di Selandia Baru, mendapat dukungan dari berbagai belahan dunia melalui media sosial.
Connolly dijuluki pahlawan oleh para netizen karena keberaniannya menyatakan ketidaksetujuannya pada pernyataan senator Australi itu saat diwawancarai sejumlah wartawan di Melbourne.


Sejumlah meme dan kartun Connolly pun menghiasai media sosial. Ia pun diberi nama Eggboy.
"Pahlawan itu bernama #WillConnolly yang menimpuk telur ke senator Australia Fraser Anning karena dia menyalahkan imigransi Muslim atas serangan terori di Christchurh. Will Connolly anda legenda. PS: Dia 17 tahun #NewZealandMosqueAttack," tulis Abdi Nour HG di akun Twitter.
"Well done big boy #eggboy #WillConnolly," Mahmoud samer memuji remaja itu di akun Twitternya.
Tak hanya pujian, orang-orang memberikan dukungan kepada Connolly dengan mengumpulkan uang melalui GoFundMe yang sudah mencapai US$ 13,500.


Meme Will Connolly dibuat oleh netizen yang mendukung dan memujinya setelah remaja ini menimpuk telur ke kepala senator Australia, Frazer Anning yang menyalahkan Muslim dalam serangan teror mematikan di Selandia Baru.


Uang sebanyak itu, mengutip Reuters, untuk membiayai biaya hukum yang akan dihadapi remaja ini dan juga membeli lebih banyak telur.
Menyadari ancaman hukuman yang akan dihadapi Connolly, pengacara kriminal terkemuka, Adam Houda, melalui akun Twitternya mengatakan kesiapannya untuk membela remaja itu jika senator Australia itu menuntut penimpukan telur ke kepalanya kemarin.
Houda menegaskan, dirinya telah menyaksikan video penimpukan telur ke kepala Anning dan tindakan para pengikutnya terhadap remaja itu.
"Saya telah menjadi pengacara lebih dari dua dekade dan menurut pendapat saya tidak ada alasan bahwa Anning bertindak itu untuk membela diri," kata Houda, seperti dikutip dari Daily Mail, Minggu, 17 Maret 2019.

Will Connolly yang dijuluki Eggboy setelah menimpuk telur ke kepala senator Australia Fraser Anning yang menyalahkan Muslim dalam serangan teroris di Selandia Baru.[Daily Mail]

Houda pun menyatakan Connolly akan mendapatkan bantuan hukum darinya secara gratis."Saya tidak pernah mengejar klien, tapi saya senang membantunya (probono). Sekarang terserah dia dan dan orang tuanya," ujarnya.
Dalam rekaman penimpukan telur, Anning tampak marah dan memukul remaja usia 17 itu lalu menendangnya seraya mengeluarkan pernyataan:"Anda bukan siapa-siapa, tetapi manusia lemah."
Setelah peristiwa Will Connolly menimpuk telur dipicu pernyataan menyalahkan muslim dalam serangan teroris di Selandia Baru, muncul petisi online Change.org untuk menuntut senator Australia Fraser Anning dipecat dari parlemen. Petisi sudah ditandatangani 1 juta orang.



Credit  tempo.co