Kamis, 28 Maret 2019

Masih Rusak, Operasional Kapal Induk Termahal AS Ditunda Lagi



Masih Rusak, Operasional Kapal Induk Termahal AS Ditunda Lagi
Kapal induk termahal Amerika Serikat, USS Gerald R. Ford. Foto/US Navy


WASHINGTON - Operasional pertama kapal induk termahal Amerika Serikat (AS), USS Gerald R. Ford (CVN-78), ditunda lagi hingga tiga bulan dari rencana awal. Musababnya, perbaikan sistem propulsi nuklir dan elevator senjata pada kapal itu belum rampung.

Pejabat Angkatan Laut AS menyampaikan penundaan itu dalam pertemuan dengan Parlemen hari Selasa, 26 Maret 2019.

USS Gerald R. Ford saat ini menjalani periode post-shakedown availability (PSA) di Newport News Shipbuilding di Newport News, Virginia. 

PSA adalah perbaikan kekurangan teknis yang ditemukan setelah sebuah kapal induk menyelesaikan uji coba di laut.

PSA dimulai pada Juli 2018 dan pada awalnya direncanakan akan selesai pada Juli 2019. PSA sekarang diharapkan akan selesai paling cepat pada Oktober 2019. Tambahan waktu itu dibutuhkan untuk memperbaiki sistem propulsi nuklir dan elevator senjata canggih pada kapal induk tersebut.

"Kami telah menjadwalkan itu 12 bulan, di mana kami akan menyelesaikan beberapa pekerjaan tenaga nuklir di pabrik, melakukan lebih banyak dari ShipAlts (perubahan kapal) dan kemudian menyelesaikan lift," kata James F. Geurts, Asisten Sekretaris Angkatan Laut AS untuk Pengembangan Penelitian dan Akuisisi kepada Subkomite Angkatan Laut dan Proyeksi Parlemen AS.

"Saat ini, perkiraan saya saat ini adalah pengiriman Oktober, vice Juli, jadi tentang penundaan tiga bulan," ujarnya.

Menurut USNI News, yang dikutip Kamis (28/3/2019), masalah dengan sistem propulsi terkait dengan generator turbin utama yang digerakkan oleh uap yang dihasilkan oleh reaktor nuklir Ford.

Awal bulan ini, Ford menerima advanced weapons elevator (AWE) atau elevator senjata canggih kedua. Lift senjata membawa amunisi dengan cepat ke dek penerbangan operator untuk dimuat ke jet tempur. Ini adalah komponen penting dalam menjamin tingkat serangan mendadak pesawat-pesawat jet tempur yang diangkut. 

USS Gerald R. Ford adalah kapal induk paling mahal dalam sejarah Angkatan Laut AS, dengan total biaya pengadaan sekitar USD13 miliar.


Credit  sindonews.com