Jumat, 22 Februari 2019

Presiden Ceko Ogah Negaranya Jadi Basis Rudal AS


Presiden Ceko Ogah Negaranya Jadi Basis Rudal AS
Presiden Ceko Milos Zeman menolak negaranya menjadi basis rudal AS. Foto/Istimewa

PRAHA - Presiden Ceko Milos Zeman tidak melihat alasan untuk kemungkinan menampung rudal Amerika Serikat (AS) di wilayah negaranya. Hal itu diungkapkannya dalam wawancara dengan stasiun televisi Barrandov TV.

"Aku benar-benar tidak melihat alasan untuk ini," kata Zeman ketika ditanya tentang reaksinya jika Amerika Serikat meminta Republik Ceko untuk mengizinkan penyebaran sistem rudal AS di negaranya seperti dilansir dari TASS, Jumat (22/2/2019).

Presiden Ceko juga menyuarakan keprihatinan atas situasi internasional yang memburuk. Menurutnya, ini terkait dengan perang dagang Washington dengan China dan Uni Eropa.

Sebelumnya, Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan, Rusia akan menanggapi setiap penyebaran senjata nuklir jangka pendek atau menengah Amerika Serikat (AS) di Eropa dengan menargetkan tidak hanya negara-negara di mana mereka ditempatkan, tetapi AS sendiri.

Dalam pidatonya di Parlemen Rusia, Putin mengatakan Moskow tidak mencari konfrontasi dan tidak akan mengambil langkah pertama untuk mengerahkan rudal sebagai tanggapan atas keputusan Washington bulan ini untuk mundur dari Perjanjian INF.

Namun, dia mengatakan bahwa reaksi Rusia terhadap penyebaran rudal apapun akan tegas dan bahwa pembuat kebijakan AS, yang beberapa di antaranya menurutnya terobsesi dengan status istimewa AS, harus memperhitungkan risiko sebelum mengambil langkah apa pun.






Credit  sindonews.com