Selasa, 01 Januari 2019

Netanyahu Pastikan Brazil Jadi Pindahkan Kedutaan ke Yerusalem

Calon presiden Brazil, Jair Bolsonaro, berbicara dengan wartawan di Kongres Nasional di Brasilia, Brasil 4 September 2018. [REUTERS / Adriano Machado]

CBJakarta - Brazil akan memindahkan kantor Kedutaan Besarnya di Tel Aviv ke Yerusalem. Hal itu dipastikan oleh Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu saat bertemu dengan Presiden Brazil terpilih, Jair Bolsonaro pada Jumat lalu.


Pada Minggu, 30 Desember 2018, Netanyahu mengatakan Presiden Bolsonaro telah menyampaikan kepadanya bahwa pemindahan ini hanya persoalan waktu. Bolsonaro memastikan pada Netanyahu, pihaknya akan memindahkan kantor Kedutaan Brazil di Israel ke kota Yerusalem, seperti yang telah dilakukan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump.

"Bolsonaro mengatakan kepada saya, perpindahan kantor kedutaan ini hanya soal waktu, bukannya tidak jadi. Kami menilai Brazil adalah sebuah negara yang penting dan pentingnya perang Brazil dalam kontek Amerika Latin," kata Netanyahu, seperti dikutip dari reuters.com, Senin, 31 Desember 2018.



Presiden Brazil Jair Bolsonaro, melakukan pertemuan dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, Jumat, 28 Desember 2018. Pertemuan itu hanya membicarakan upaya peningkatan kerja sama kedua negara, bukan rencana pemindahan kantor Kedutaan Besar Brazil dari Tel Aviv ke Yerusalem. Sumber: Fernando Frazao/Courtesy of Agencia Brasil/REUTERS

Pengakuan Bolsonaro kepada Netanyahu itu cukup mengejutkan mengingat saat ini Bolsonaro sedang menghadapi derasnya tekanan dari sektor pertanian Brazil agar mengurungkan rencana pemindahan kantor Kedutaan Brazil di Israel ke Yerusalem. Sebab hal itu akan menciderai ekspor pertanian Brazil ke negara-negara Arab.



Menanggapi komentar Netanyahu, pejabat senior Brazil mengatakan pemerintahan Bolsonaro belum mengambil keputusan terkait masalah ini.

Jika rencana pemindahan kantor kedutaan jadi dilakukan, maka ini akan menjadi perubahan tajam dalam kebijakan luar negeri Brazil, yang secara tradisional mendukung solusi dua negara dalam konflik perebutan wilayah antara Israel - Palestina. Liga Arab sebelumnya telah mengatakan pada Bolsonaro, perpindahan kantor Kedutaan Brazil di Tel Aviv ke Yerusalem akan menjadi sebuah kemunduran dalam hubungan Brazil dengan negara-negara Arab.


Credit TEMPO.CO


https://dunia.tempo.co/read/1160229/netanyahu-pastikan-brazil-jadi-pindahkan-kedutaan-ke-yerusalem