Kamis, 31 Januari 2019

Apa Saja yang Akan Terjadi di Inggris Jika Brexit Gagal?



Para pengunjuk rasa membentangkan spanduk di Jembatan Westminster sebelum demonstrasi anti-Brexit, di London pusat, Inggris, Sabtu, 20 Oktober 2018. REUTERS/Simon Dawson
Para pengunjuk rasa membentangkan spanduk di Jembatan Westminster sebelum demonstrasi anti-Brexit, di London pusat, Inggris, Sabtu, 20 Oktober 2018. REUTERS/Simon Dawson

CB, Jakarta - Masa depan Inggris kini terletak pada lolos tidaknya proposal Brexit.
Jika Brexit gagal mencapai kesepakatan atau yang dikenal sebagai No Brexit Deal, maka konsekuensi terburuknya adalah Inggris keluar dari Uni Eropa tanpa kesepakatan sama sekali.
No Deal Brexit, seperti dikutip dari Mirror.co.uk, 30 Januari 2019, adalah opsi jika anggota parlemen, Uni Eropa dan pemerintah Inggris tidak dapat menyetujui perjanjian pengunduran Brexit pada tanggal 29 Maret 2019.

Kesepakatan setebal 585 halaman akan memastikan bisnis tidak terputus dengan melanjutkan aturan dalam masa transisi hingga Desember 2020.
Meninggalkan Uni Eropa tanpa kesepakatan berarti akan jatuh kembali pada tarif perdagangan WTO, meningkatkan harga impor dan ekspor, dan dapat meninggalkan lubang hitam legal di mana hukum Uni Eropa berdiri sebelumnya.
Pemerintah Inggris telah meningkatkan persiapan tanpa kesepakatan sejak awal musim panas 2018.
Anggota parlemen percaya bahwa mereka dapat menemukan cara untuk memblokir No Deal Brexit melalui Parlemen, termasuk dengan menunda tanggal 29 Maret, tetapi jika tidak, itu masih merupakan opsi yang harus diantisipasi pada pukul 11 malam pada tanggal 29 Maret dan berikut yang akan terjadi di Inggris jika Brexit keluar tanpa kesepakatan.

1. Darurat Militer
Lebih dari 3.000 tentara dikerahkan jika ada Brexit yang tidak memiliki kesepakatan.
Cadangan tentara juga secara hukum dapat dipanggil jika ada kerusuhan sipil, sementara dewan bersiap untuk kemungkinan perampokan bank, bahan bakar dan makanan.
Pemerintah memiliki rencana jika perlu memberlakukan darurat militer dan jam malam untuk memulihkan ketertiban.

2. Wajib Memperbarui Paspor
Pada saat ini, warga negara Inggris dapat memasuki negara-negara Schengen dengan paspor yang valid bahkan jika mereka hanya memiliki satu hari tersisa sebelum mereka berakhir.
Tetapi dalam kesepakatan Brexit, setelah 29 Maret 2019, warga Inggris mungkin tidak dapat melakukan perjalanan ke negara-negara ini jika warga Inggris memiliki kurang dari enam bulan tersisa di paspornya.
Pemerintah menyarankan para pelancong untuk memperbarui paspor yang lebih tua dari sembilan tahun enam bulan.
Biasanya ini berarti memperbarui enam bulan sebelum paspor kedaluwarsa. Tetapi jika paspor memiliki validitas lebih dari 10 tahun, maaka harus memperbarui lebih awal, karena bulan tambahan di atas 10 tahun tidak masuk hitungan.
Berikut ini adalah anggota Perjanjian Schengen: Austria, Belgia, Republik Ceko, Denmark, Estonia, Finlandia, Prancis, Jerman, Yunani, Hongaria, Islandia, Italia, Latvia, Liechtenstein, Lithuania, Luksemburg, Malta, Belanda, Norwegia, Polandia, Portugal, Slovakia, Slovenia, Spanyol, Swedia dan Swiss.
3. Hewan Peliharaan

Pengunjuk rasa anti-Brexit mengikuti pawai yang disebut "Wooferendum" dengan membawa anjing mereka di London, Inggris, Ahad, 7 Oktober 2018. Pemberlakuan Brexit dikhawatirkan akan menyebabkan kekurangan dokter hewan dan kenaikan biaya makanan hewan peliharaan. REUTERS/Henry Nicholls


Ada perubahan besar untuk pemilik hewan peliharaan yang ingin membawa hewan kesayangan mereka ke luar negeri.
Saat ini anjing, kucing, dan musang dapat melakukan perjalanan ke mana saja di UE selama mereka memiliki "paspor hewan peliharaan".
Syarat utama adalah bahwa tiga minggu sebelum kunjungan pertama, pemilik harus pergi ke dokter hewan untuk divaksinasi rabies dan ditanam mikrochip.
Tetapi dalam kasus terburuk Brexit, pemilik hewan peliharaan harus mengunjungi dokter hewan setidaknya empat bulan sebelum membawa hewan peliharaan mereka ke UE.

4. Restoran Cepat Saji Kehabisan Makanan
Makanan sedang ditimbun sebagai antisipasi Inggris keluar UE tanpa kesapakatan.
Pada bulan Januari, nama-nama besar seperti KFC, Pret, Lidl, Co-Op, M&S, Waitrose, Sainsbury, Asda, dan McDonald's menandatangani surat peringatan yang memperingatkan bahwa persediaan makanan bisa kekurangan karena gangguan pada rantai pasokan.

5. Kehilangan Pekerjaan
Sejumlah perusahaan telah memindahkan pekerjaan dari Inggris atau mengancam akan melakukannya dalam situasi tanpa kesepakatan.
Salah satunya Airbus, yang mempekerjakan 14.000 orang di Inggris dengan sekitar 110.000 pekerjaan di rantai pasokan, memperingatkan akan pindah ke tempat lain.
Dan kritikus khawatir investasi baru tidak akan datang ke Inggris, menghantam pekerjaan di generasi mendatang.

6. Jutaan Tiket Pesawat Bisa Dibatalkan

Pesawat British Airways. REUTERS/Arnd Wiegmann
Asosiasi Transportasi Udara Internasional (IATA) memperingatkan hingga 5 juta tiket pesawat bisa dibatalkan jika tidak ada kesepakatan.
Saat ini tidak diketahui dengan pasti tiket mana yang kena imbas, atau bagaimana calon penumpang akan mengetahui jika penerbangan mereka dibatalkan.

7.Semakin Sulit Mengemudi di UE
Saat ini SIM Inggris adalah satu-satunya hal yang perlu pengunjung dapatkan di belakang kemudi di Uni Eropa.
Tetapi di bawah Brexit yang tidak sesuai kesepakatan, warga Inggris harus mendapatkan Izin Mengemudi Internasional.
Sementara itu warga Inggris juga akan dipaksa untuk mengajukan "kartu hijau" untuk membuktikan bahwa Anda memiliki asuransi mobil yang tepat.

8. Warga UE Kehilangan Izin Tinggal di Inggris
Lebih dari 3 juta warga negara Uni Eropa yang tinggal di Inggris akan memiliki hak tinggal yang kurang konkret.
Apakah ada kesepakatan Brexit atau tidak, warga negara Uni Eropa dapat tinggal di Inggris jika mereka mendaftar untuk "status menetap" dengan pemerintah.
Dalam No Deal Brexit, hanya warga negara Uni Eropa yang tiba sebelum 29 Maret yang dapat mengajukan permohonan, bukan mereka yang tiba pada Desember 2020.
Batas waktu untuk pengajuan adalah 31 Desember 2020, bukan 30 Juni 2021 jika ada kesepakatan Brexit.

9. Apotek dan Rumah Sakit Membatasi Obat
Apoteker telah meminta wewenang khusus untuk menjatah obat jika tidak ada kesepakatan Brexit.
Di bawah rencana Asosiasi Distribusi Layanan Kesehatan, mereka akan memiliki wewenang khusus untuk memvariasikan resep dokter dan menawarkan sesuatu yang lain jika obat tidak tersedia.
37 juta paket obat-obatan diimpor ke Inggris dari UE setiap bulan, dan Kementerian Kesehatan Inggris (NHS) sedang mempersiapkan skenario untuk mencegah pasokan kering.
Kepala pemerintah dan NHS telah mendirikan Pusat Respons Operasional dan perusahaan-perusahaan industri menciptakan persediaan obat enam minggu.

10. Biaya Roaming Ponsel Lebih Mahal
Biaya roaming ponsel dapat dinaikkan kurang dari dua tahun setelah dipotong di Uni Eropa.
Biaya dipotong pada Juni 2017, artinya tidak ada biaya tambahan untuk menggunakan perangkat Inggris di benua untuk panggilan, teks dan data.
Operator tidak akan terikat oleh perjanjian jika Inggris keluar tanpa kesepakatan.
Roaming bebas biaya tambahan saat warga Inggris bepergian ke UE tidak dapat lagi dijamin.

11. Dua Kali Lewati Keamanan Bandara Eropa
Penumpang pesawat yang mengubah penerbangan di UE mungkin harus menjalani dua pemeriksaan keamanan di bawah No Deal Brexit.
Wisatawan yang menaiki pesawat di Inggris untuk terbang ke bandara Eropa, sebelum berganti penerbangan untuk tujuan selanjutnya, akan transit di Inggris seperti sekarang.
Tetapi mereka mungkin harus melakukan pemeriksaan kedua di UE sebelum mendapatkan penerbangan lanjutan mereka.

12. Irlandia Utara Alami Pemadaman Listrik
Irlandia Utara akan dipaksa untuk mengambil tindakan drastis untuk memadamkan listrik.
Kasus terburuk No Deal Brexit akan mengacaukan pasar listrik semua pulau yang dimiliki oleh Irlandia Utara dan Republik, membiarkannya "tanpa dasar hukum".
Untuk menghentikan pemadaman, Irlandia Utara harus mengambil lebih banyak listrik dari pembangkit listrik Inggris melalui "interkonektor" yang berjalan di bawah Laut Irlandia.
Tetapi Operator Sistem Transmisi Irlandia Utara mungkin perlu bergantung pada pengaturan mundur untuk memastikan daya terus mengalir.

13. Kemasan Rokok Berubah
Peringatan grafis pada paket rokok akan digantikan oleh versi Australia jika tanpa kesepakatan Brexit.
Dalam beberapa hal kemasan bahkan lebih mengerikan daripada yang diedarkan di Inggris saat ini.
Gambar-gambar suram menunjukkan kaki penuh dengan penyakit pembuluh darah, arteri yang tersumbat, otak yang berdarah dan gigi bernoda hitam.
Foto-foto akan diubah dalam No Deal Brexit karena Komisi Eropa memiliki hak cipta yang digunakan Inggris saat ini.


14. Obat-obatan dan Parfum Lebih Mahal
Saat ini, bahan-bahan populer dalam obat flu biasanya dapat diperdagangkan di UE tanpa lisensi. Dalam kesepakatan, lisensi akan diperlukan untuk berdagang yang disebut "prekursor" ini.
Jika Brexit tanpa kesepakatan, perusahaan yang ingin memperdagangkan bahan kimia semacam itu dengan UE harus mendaftar ke Home Office, yang biayanya antara 109 Poundsterling (Rp 2 juta) hingga 3.665 Poundsterling (Rp 67,7 juta).
Mereka juga akan memerlukan lisensi impor/ekspor, yang biayanya 24 Poundsterling (Rp 443 ribu). Para kritikus mengatakan ini bisa menaikkan harga bagi konsumen di toko-toko.

Demikian pula, perusahaan kosmetik akan kena dampak dengan lebih banyak birokrasi untuk membuktikan produk mereka aman untuk kesehatan manusia.

15. Pasokan Kaviar
Impor kaviar akan dikurangi atau dihentikan sepenuhnya dalam No Deal Brexit.
Telur ikan Sturgeon bersama dengan koleksi anggrek dan reptil yang membutuhkan izin impor dan ekspor untuk melintasi perbatasan UE.
Warga Inggris hanya diizinkan membawa 125 gram kaviar dari Uni Eropa untuk penggunaan pribadi jika Brexit berakhir tanpa kesepakatan.





Credit  tempo.co