Senin, 28 Januari 2019

Konglomerat Saudi al Amoudi Dikabarkan Bebas dari Penjara


Konglomerat Saudi al Amoudi Dikabarkan Bebas dari Penjara
Ilustrasi. (Foto: Diolah dari thinkstock)



Jakarta, CB -- Perdana Menteri Ethiopia Abiy Ahmed mengumumkan konglomerat berdarah Arab Saudi Mohammed al-Amoudi telah dibebaskan dari penjara.

Diketahui, Amoudi lahir di Dessie, Ethiopia pada Juli 1946. Dia ditangkap otoritas Arab Saudi karena diduga terlibat dalam kasus korupsi pada 2017.

"Amoudi sudah dibebaskan dari penjara Arab Saudi," kata keterangan resmi kantor perdana menteri tersebut melalui akun Twitter. "Kami mendoakan Mohammed Al Amoudi dapat pulang dengan selamat ke Ethiopia."




Namun mengutip AFP, pembebasan taipan itu belum dapat dikonfirmasi sumber dari Arab Saudi.

Amoudi sendiri memiliki bisnis di sektor energi, pertanian dan konstruksi yang beroperasi di sejumlah negara. Dia ditangkap terkait dengan langkah antikorupsi Pangeran Saudi Mohammed bin Salman terhadap pejabat dan pebisnis negara tersebut.

Pada Mei 2018, Abiy mengumumkan dirinya berhasil mengamankan pembebasan 1.000 warganya yang dipenjara pemerintah Arab Saudi, Sabtu.


"Kami menuntut pembebasan warga kami dan Putra Mahkota (Mohammed bin Salman) merespons secara positif," kata Abiy dalam pidato di Ibu Kota Etiopia, Addis Ababa seperti dilansir kantor berita Turki, Anadolu.

Dia juga sebelumnya mengupayakan pembebasan konglomerat Mohammed Hussein Al-Amoudi, yang membangun kekaisaran bisnis yang besar di Ethiopia, yang mempekerjakan hampir 70 ribu orang.






Credit  cnnindonesia.com