Minggu, 23 Desember 2018

Kirim Kapal ke Ukraina, Inggris Bikin Rusia Murka

Kapal HMS Echo. Foto/Istimewa


LONDON - Kedutaan Besar (Kedubes) Rusia di London mengecam kunjungan Menteri Pertahanan Inggris Gavin Williamson ke Ukraina. Rusia menyebut Williamson menghasut Kiev untuk melakukan provokasi baru.
"Setelah gagal menetralkan drone di Bandara Gatwick secara efektif, Williamson tampaknya terlibat dalam masalah yang lebih penting - menghasut Ukraina ke provokasi militer baru," bunyi pernyataan yang dikeluarkan Kedubes Rusia. 
"Rusia memang menerima sinyal: itu menyiratkan bahwa pemerintah konservatif Inggris akan memberikan rezim Kiev dengan politik dan dukungan militer tidak peduli seberapa tidak bertanggung jawab langkah-langkahnya," sambung pernyataan itu. 
"Ini adalah bagaimana London mencoba untuk 'membantu' dalam penyelesaian konflik internal Ukraina," demikian bunyi pernyataan Kedubes Rusia seperti dilansir dari Sputnik, Minggu (23/12/2018).
Kedubes Rusia juga mencatat bahwa perjalanan Williamson ke kota Odessa di Ukraina sangat penting dalam kondisi mempersiapkan aksi militer pada 24-25 Desember oleh rezim (Presiden Ukraina Petro) Poroshenko untuk memperpanjang undang-undang darurat yang dikenakannya pada menjelang pemilihan presiden Maret mendatang.
Menteri Pertahanan Inggris Gavin Williamson mengatakan pada hari Jumat bahwa ia telah mengerahkan HMS Echo, sebuah kapal Angkatan Laut Kerajaan, ke Laut Hitam untuk menunjukkan "solidaritas" Inggris dengan Ukraina di tengah perselisihan Selat Kerch.
"Alasan bahwa HMS Echo ada di sini adalah bahwa kami pertama-tama ingin menunjukkan solidaritas yang kami miliki dengan Ukraina dan fakta bahwa Ukraina tidak berdiri sendiri. Tetapi kami juga menunjukkan hak kami untuk dapat datang ke pelabuhan seperti Odessa, untuk kebebasan navigasi, untuk kebebasan bagi angkatan laut untuk dapat beroperasi di Laut Hitam. Ini bukan laut Rusia, ini adalah laut internasional ", kata Williamson pada kunjungannya ke Odessa.
Williamson melanjutkan dengan mengatakan bahwa fregat adalah pesan kepada Presiden Vladimir Putin bahwa Inggris berdiri di samping Ukraina.

"Apa yang kami katakan kepada Rusia, apa yang kami katakan kepada Presiden Putin - mereka tidak dapat terus bertindak tanpa memperhatikan atau memperhatikan hukum internasional atau norma internasional," imbuhnya.

HMS Echo, dilengkapi dengan tiga senapan mesin 7,6 barel, sebuah M134 Minigun dan 20 mm Erlikon anti-pesawat, diharapkan untuk melakukan penelitian hidrografi.
Kedatangan HMS Echo terjadi setelah insiden laut di Selat Kerch pada 25 November lalu. Ketika itu Rusia menahan tiga kapal perang Angkatan Laut Ukraina setelah mereka melanggar perbatasan laut Rusia dalam upaya untuk berlayar melalui Selat Kerch, pintu masuk ke Laut Azov.
Credit Sindonews.com


https://international.sindonews.com/read/1365115/41/kirim-kapal-ke-ukraina-inggris-bikin-rusia-murka-1545505835