Sabtu, 22 Desember 2018

Inggris Kirim Kapal Perang ke Ukraina, Pesan Kuat untuk Putin

Kapal perang HMS Echo Angkatan Laut Kerajaan Inggris berada di Laut Hitam, Jumat (21/12/2018). Foto/REUTERS
KIEV - Sebuah kapal perang Angkatan Laut Kerajaan Inggris telah dikirim ke Ukraina. London menyatakan, pengiriman kapal itu sebagai pesan kuat untuk Presiden Rusia Vladimir Putin.
Kapal HMS Echo dikirim ke Laut Hitam awal bulan ini, setelah Rusia menembaki dan menangkap tiga kapal Angkatan Laut Ukraina dan para awaknya.
Menteri Pertahanan Inggris Gavin Williamson telah mengunjungi kapal perang tersebut di pelabuhan Odessa.
Dia mengatakan kehadiran kapal Inggris menunjukkan dukungan untuk Ukraina dalam menghadapi peningkatan agresi Rusia.
Menurutnya, misi kapal HMS Echo akan diikuti oleh kapal perang lainnya sebagai bagian dari kehadiran Inggris yang lebih konstan.
"Apa yang kami katakan kepada Rusia, apa yang kami katakan kepada Presiden Putin, mereka tidak dapat terus bertindak tanpa mengindahkan atau memerhatikan hukum internasional atau norma internasional," katanya, seperti dikutip BBC, Sabtu (22/12/2018).
Dalam kunjungannya, Williamson berbicara dengan mitranya dari Ukrania, Stepan Poltorak. Williamson juga telah bertemu keluarga dari 24 pelaut Ukraina yang masih ditahan Rusia dan sekarang sedang menunggu persidangan di Moskow.

Kapal HMS Echo diperkirakan tidak akan berlayar melalui Selat Kerch di dekat Crimea, lokasi Angkatan Laut Rusia menembaki dan menangkap tiga kapal Angkatan Laut Ukraina pada bulan November lalu.
Moskow menggambarkan kapal Angkatan Laut Kerajaan Inggris—yang digunakan untuk mengumpulkan data tentang laut—sebagai kapal mata-mata.
Credit Sindonews.com



https://international.sindonews.com/read/1364989/41/inggris-kirim-kapal-perang-ke-ukraina-pesan-kuat-untuk-putin-1545463951