Kamis, 06 Desember 2018

AS Desak DK PBB Kecam Uji Coba Rudal Iran


AS Desak DK PBB Kecam Uji Coba Rudal Iran
Duta Besar AS untuk PBB Nikki Haley mendesak DK PBB untuk mengutuk uji coba rudal balistik Iran, yang digambarkan sebagai pelanggaran terhadap resolusi PBB. Foto/Reuters

NEW YORK - Amerika Serikat (AS) mendesak Dewan Keamanan (DK) PBB untuk mengutuk uji coba rudal balistik Iran, yang digambarkan sebagai berbahaya, memprihatinkan dan pelanggaran terhadap resolusi PBB.

DK PBB semalam melakukan pertemuan terutup atas permintaan Prancis dan Inggris yang bersama dengan AS menuduh Iran melakukan uji coba rudal balistik pada Sabtu lalu.

Prancis dan Inggris menilai bahwa peluncuran rudal tidak sejalan dengan resolusi PBB yang terkait dengan perjanjian nuklir. Sedangkan AS telah mengambil sikap yang lebih keras dan menilainya sebagai pelanggaran langsung terhadap resolusi PBB.

"Uji coba rudal balistik baru-baru ini berbahaya dan memprihatinkan, tetapi tidak mengejutkan. Komunitas internasional tidak dapat terus menutup mata setiap kali Iran secara terang-terangan mengabaikan resolusi DK PBB," kata Duta Besar AS untuk PBB, Nikki Haley.

"Jika DK serius tentang meminta pertanggungjawaban Iran dan menegakkan resolusi kami, maka setidaknya kami harus dapat memberikan kecaman bulat dari uji coba rudal yang provokatif ini," sambungnya dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Al Arabiya pada Rabu (5/12).

Resolusi PBB menyerukan kepada Iran untuk menahan diri dari pengujian rudal yang mampu membawa hulu ledak nuklir, tetapi tidak secara khusus melarang Teheran dari melakukan peluncuran rudal.

Iran telah lama menyatakan bahwa program rudalnya bersifat defensif dan tidak ditujukan untuk membawa hulu ledak nuklir, sikap yang didukung oleh Rusia di DK PBB. 





Credit  sindonews.com