Kamis, 20 September 2018

Skandal Besar Pencucian Uang Eropa, CEO Danske Bank Mundur


CEO Danske Bank, Thomas Borgen. Berlingske Business
CEO Danske Bank, Thomas Borgen. Berlingske Business

CBKopenhagenChief Executive Officer Danske Bank, Thomas Borgen, mengundurkan diri pada Rabu, 19 September 2018, setelah terungkapnya skandal transaksi pembayaran mencurigakan senilai US$234 juta atau sekitar Rp3.5 triliun.


Investigasi mengungkap transaksi pembayaran itu dilakukan lewat cabang di Estonia.
“Meskipun saya secara pribadi bersih dari sisi hukum, saya bertanggung jawab secara penuh. Tidak ada keraguan bahwa kami sebagai sebuah organisasi gagal dalam situasi ini dan tidak memenuhi harapan,” kata Borgen, yang bakal tetap menjabat sebagai CEO hingga penggantinya terpilih, seperti dilansir Reuters, Rabu, 19 September 2018.
Investigasi independen Danske Bank menemukan, seperti dilansir Guardian, serangkaian kelemahan kontrol untuk mencegah pencucian uang. Investigasi menunjukkan lebih dari setengah dari 15 ribu pelanggan bank itu di Estonia mencurigakan.


“Kami telah memeriksa 6200 pelanggan dimulai dari pelanggan dengan indikator paling beresiko. Nyaris dari semua pelanggan ini sudah kami laporkan ke otoritas,” kata Borgen.

Gedung Danske Bank. Cips.org
Sebelum menjabat sebagai CEO, Borgen pernah memegang kendali untuk operasi internasional Danske Bank termasuk Estonia antara 2009 – 2012.

Dalam jumpa pers, manajemen bank dari Denmark ini memaparkan kegagalan kepatuhan dan kontrol ditengah menguatnya desakan Uni Eropa untuk memberantas kejahatan finansial. Desakan ini muncul ditengah terungkapnya serangkaian skandal pencucian uang, yang telah menarik perhatian otoritas Amerika Serikat.


Saat ini, seperti dilansir Reuters, para investor prihatin apakah AS, yang telah mengenakan sanksi finansial kepada Rusia, juga bakal menghukum Denmark.
“Ini merupakan skandal pencucian uang terbesar dalam sejarah Eropa. Dan Danske Bank merupakan bank besar yang mengirim dolar ke seluruh dunia, saya pikir ini tentu saja akan mendapat perhatian dari otoritas AS,” kata Bill Browder, pendiri dan CEO Hermitage Capital Managemen, yang berkampanye anti korupsi di Rusia, kepada Reuters.





Credit  tempo.co