Senin, 22 Desember 2014

Terungkap! Pasukan Komando Korut Sempat Infiltrasi AS


Pasukan komando yang dimiliki Korea Utara (Foto: AFP)
Pasukan komando yang dimiliki Korea Utara (Foto: AFP)


CB, Washington: Pasukan komando Korea Utara (Korut) dikabarkan pernah menginfiltrasi Amerika Serikat (AS) pada 1990an. Mereka diperintahkan untuk menyerang pembangkit listrik tenagar nuklir (PLTN) di Negeri Paman Sam.

Hal ini diperoleh dari laporan intelijen yang dikeluarkan oleh Defense Intelligence Agency (DIA), yang merupakan lembaga intelijen militer AS. Laporan rahasia tersebut tertanggal 13 September 2014.

Berdasarkan laporan DIA, Kementerian Angkatan Bersenjata Korea Utara membuat lima kantor perwakilan di awal 1990. Kantor itu dibuat untuk melatih dan melakukan operasi infiltrasi ke AS, guna menyerang PLTN dan kota besar jika kedua negara terlibat perang.

"Mereka menempatkan agennya untuk menyerang PLTN Amerika. Saat itu hubungan AS dan Korut berada tengah dipenuhi ketegangan memanas," laporan DIA, seperti dikutip The Daily Mail, Sabtu (20/12/2014).

Para ahli militer yakin bahwa unit komando dikerahkan, karena pada saat itu Korut belum memiliki teknologi rudal jarak jauh yang bisa menyentuh AS.

Kini, Korut diyakini memiliki setidaknya dua tipe rudal balistik jarak jauh. Dua tipe rudal itu seluruhnya bisa menggapai AS.

Korut dikenal sebagai salah satu negara yang memiliki jumlah pasukan khusus terbesar di dunia. Pasukan Komando Korut saat ini diperkirakan mecapai 60 ribu jiwa.



Credit Metrotvnews.com