Saat ini terdapat 32 unit pesawat Tu-95MS yang aktif beroperasi dan 60 pesawat serupa yang berada di markas penyimpanan. Foto: TASS
CB - Perwakilan perusahaan United Aircraft Corporation (UAC) menyampaikan bahwa peralatan avionik seluruh pesawat Tu-95MS yang ada dalam perbendaharaan Angkatan Udara Rusia akan dimodernisasi secara menyeluruh sebelum tahun 2020. Berdasarkan informasi dari Kementerian Pertahanan Rusia, semua peralatan avionik Tu-95MS akan diganti menggunakan peralatan canggih modern yang diciptakan menggunakan komponen-komponen buatan dalam negeri.
Saat ini terdapat 32 unit pesawat Tu-95MS yang aktif
beroperasi dan 60 pesawat serupa yang berada di markas penyimpanan.
Semua pesawat tersebut telah melewati proses modernisasi periode 1982
hingga 1992. Pesawat tersebut diperhitungkan dapat digunakan hingga
tahun 2030.
Modernisasi Tu-95MS dengan memasang peralatan avionik
terbaru sebenarnya sudah dipikirkan sejak lama. Pada laporan tahunan
perusahaan Tupolev tahun 2011, dalam rangka pemenuhan kontrak pemerintah
yang dibuat dengan Kementerian Pertahanan Rusia, mereka memasang
baling-baling baru pada mesin penggerak NK-12MP. Selain itu, Tu-95 MSM
akan dilengkapi dengan sistem avionik radar canggih terbaru
(BRLS-VP021). Berdasarkan rencana yang dijadwalkan sebelumnya,
modernisasi pesawat Tu-95 hingga tipe MSM hanya untuk pesawat Tu-95MS16,
yang dipersenjatai dengan sistem roket Sprut. Pesawat pembom Tu-95 MS6
dengan sistem roket Osina tidak masuk dalam rencana modernisasi.
Seorang narasumber dari UAC menyampaikan, saat ini proses
tersebut telah mendekati tahap penyelesaian pekerjaan
konstruksi-percobaan, yang dilaksanakan oleh Pusat Teknologi dan
Keilmuwan Saint Petersburg
Zaslon di bawah kendali perusahaan Tupolev. Selain itu, sesuai rencana
tahun 2013, akan ditambahkan sistem avionik canggih ke dalam kompleks navigasi dan pengamatan berdasarkan GLONASS dan pemasangan kompleks rudal jelajah terbaru X-101 (analogi rudal AS AGM-129), yang dibuat oleh MKB Raduga, pada pesawat Tu-95 MSM.
X-101 dirancang untuk melumpuhkan sasaran berjarak
hingga 5.500 kilometer. Kompleks rudal ini dibuat menggunakan teknologi
terbaru dengan elemen yang dapat menyembunyikan keberadaan dalam
pembacaan sistem radar, membuat roket ini semakin sulit ditemukan. X-101
telah menjalani uji coba dari pesawat Tu-95MS sejak tahun 1999. Pesawat
tersebut dilengkapi dengan empat penyangga untuk roket baru di bawah
sayap pesawat.
Roket penjelajah X-101 dapat beroperasi tidak hanya
dari pesawat pembom Tu-95MS/MSM, tapi juga dari Tu-160 yang saat ini
sedang menjalani proses modernisasi. Modernisasi sepuluh pesawat pembom
Tu-160 hingga tingkat “M” terdiri dari penggunaan sistem persenjataan
dalam negeri terbaru (terutama sistem pemboman aviasi terkendali), serta
penggantian peralatan avionik dan aviasi menyeluruh tanpa menggunakan
komponen dari luar negeri.
Kompleks senjata tempur baru pesawat Tu-95 MSM dan Tu-160M
dirancang untuk penggunaan rudal nukir (X-102) dan rudal hulu ledak
normal (X-101) yang secara signifikan memperluas kemampuan serang udara
dari aviasi kekuatan senjata strategis milik Rusia.
“Roket yang telah dimodernisasi kini digunakan
tidak hanya dengan hulu ledak nuklir, tetapi juga dengan hulu ledak
biasa. Itu membutuhkan tingkat ketelitian yang sangat tinggi. Roket baru
ini memiliki perbedaan dalam hal tingkat ketepatan, jarak tembak, dan
ketahanan yang tinggi,” kata mantan Jenderal Aviasi Jarak Jauh Rusia P. Deynekin.
Mantan jenderal tersebut menilai bahwa itu dapat meningkatkan masa
penggunaan Tu-95MS hingga 2040. Hal tersebut akan menciptakan peralihan
yang mulus dalam penggunaan desain aviasi perspektif jarak jauh PAK DACredit RBTH Indonesia