Jumat, 01 Maret 2019

Jet Tempur Otonom Boeing Terbang ke Langit Tahun Depan


Jet Tempur Otonom Boeing Terbang ke Langit Tahun Depan

Desain pesawat jet tempur otonom yang diproduksi Boeing. Foto/Boeing


WASHINGTON - Pesawat jet tempur otonom Boeing sudah dapat terbang ke langit pada tahun 2020. Pengumuman ini disampaikan pihak perusahaan, kemarin.

Pesawat tempur otonom itu sedang dikembangkan di Australia, dan dirancang untuk pelanggan pertahanan global. Dengan menyatukannya dengan pesawat militer yang ada, Boeing berharap bahwa jet tempur otonom akan membantu untuk memperluas misi tempur udara.

Model jet tempur otonom Boeing telah dipamerkan minggu ini di Australian International Airshow, dan pesawat itu terlihat luar biasa.

Wakil Presiden dan Manajer Umum Boeing Autonomous Systems memberikan gambaran keuntungan dari mengoperasikan jet tempur otonom tersebut. "Sistem Teaming Airforce Boeing akan memberikan keuntungan yang mengganggu bagi misi berawak/tak berawak pasukan sekutu," katanya.

"Dengan kemampuannya untuk mengonfigurasi ulang dengan cepat dan melakukan berbagai jenis misi bersama dengan pesawat lain, tambahan terbaru kami pada portofolio Boeing akan benar-benar menjadi pengganda kekuatan karena melindungi dan memproyeksikan kekuatan udara," ujarnya, dikutip dari Daily Mirror, Jumat (1/3/2019).

Pesawat tempur otonom ini akan memiliki panjang 11,7 meter dan diperkirakan memiliki jangkauan lebih dari 2.000 mil laut. Pesawat ini juga akan menggunakan kecerdasan buatan atau artificial intelligence untuk terbang secara mandiri, atau untuk mendukung pesawat utama.

Presiden Boeing International Marc Allen menyebut pesawat tempur otonom ini sebagai sejarah. "Pesawat ini adalah upaya bersejarah bagi Boeing. Tidak hanya dikembangkan di luar Amerika Serikat, itu juga dirancang agar pelanggan global kami dapat mengintegrasikan konten lokal untuk memenuhi persyaratan khusus negara mereka," katanya.

"Boeing Airpower Teaming System menyediakan kemampuan transformasi dalam hal pertahanan, dan pelanggan kami—yang dipimpin oleh Australia—secara efektif menjadi mitra pada program dengan kemampuan untuk menumbuhkan kemampuan berdaulat mereka sendiri untuk mendukungnya, termasuk tenaga kerja teknologi tinggi," lanjut Allen.

Tidak perlu menunggu lama untuk melihat jet tempur otonom Boeing ini beraksi. Boeing memiliki jadwal uji terbang pertama untuk tahun 2020. 



Credit  sindonews.com