Jumat, 08 Februari 2019

IMF Tunggu Petunjuk untuk Dukung Pemimpin Oposisi Venezuela


Presiden Nicolas Maduro menyampaikan pidato di hadapan para marinir dan komando angkatan laut Venezuela, Ahad, 3 Februari 2019.[teleSUR]
Presiden Nicolas Maduro menyampaikan pidato di hadapan para marinir dan komando angkatan laut Venezuela, Ahad, 3 Februari 2019.[teleSUR]

CB, Jakarta - Badan Pendanaan Internasional, IMF masih menunggu petunjuk dari negara-negara anggotanya sebelum memberikan pengakuan resmi terhadap pemimpin oposisi Venezuela, Juan Guaido.
Juru bicara IMF, Gerry Rice mengatakan, IMF memerlukan petunjuk ini sebagai langkah pertama sebelum membuat disain program pendanaan untuk Venezuela.


"Menurut saya negara-negara masih menentukan posisi mereka dalam hal pengakuan. Kami memperhatikannya secara dekat dan kami akan dipandu bgeitu kami merasakan dan mereka merasakan bahwa ada pandangan yang terbentuk yang dapat membimbing kami," kata Rice seperti dilansir dari Reuters, Kamis, 7 Februari 2019.

Meski jumlah negara yang mengakui Guaido sebagai pemimpin Venezuela semakin banyak, namun menurut Rice, IMF masih menunggu konsensus.
Dalam pernyataan pers resmi lembaga itu pada 2 Mei 2018, Dewan Eksekutif IMF bertemu untuk membahas masalah penyediaan data makroekonomi Venezuela untuk IMF.


Pada pertemuan itu, Dewan Eksekutif mempertimbangkan laporan yang disampaikan direktur pelaksana tentang kemajuan dalam menerapkan langkah-langkah perbaikan yang disetujui pada 3 November 2017 atas kegagalan Venezuela untuk memberikan data yang diperlukan ke IMF berdasarkan pasal VIII bagian 5 dari Pasal Perjanjian Dana.


Dewan menemukan Venezuela belum menerapkan langkah-langkah perbaikan dan gagal memberikan informasi tentang sejumlah item tambahan yang diperlukan.

IMF telah mengeluarkan deklarasi kecaman terhadap Venezuela atas kegagalannya melaksanakan langkah-langkah perbaikan dan gagal memenuhi kewajibannya berdasarkan Pasal VIII bagian 5 tersebut.Begitupun, IMF menyatakan siap membantu Venezuela mengatasi krisis ekonominya.




Credit  tempo.co