Selasa, 04 Desember 2018

Roket Soyuz Berhasil Daratkan 3 Astronaut di Luar Angkasa


Roket Soyuz Berhasil Daratkan 3 Astronaut di Luar Angkasa
Tiga astronaut asal Rusia, Amerika Serikat dan Kanada yang berhasil mendarat di ISS dengan roket Soyuz. Foto/BBC

MOSKOW - Roket Soyuz Rusia berhasil mendaratkan tiga astronaut di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Ini adalah peluncuran roket Soyuz pertama yang berhasil setelah pada 11 Oktober lalu mengalami kegagalan, di mana kendaraan luar angkasa itu meledak di udara.

Tiga astronaut tersebut adalah David Saint-Jacques, 48, asal Kanada, kemudian Oleg Kononenko, 54, asal Rusia dan Anne McClain, 39, asal Amerika Serikat (AS).

Ketiga astronaut berangkat dari Kazakhstan pada pukul 17.30 waktu setempat. Badan antariksa Rusia, Roscomos, melalui Twitter telah mengonfirmasi bahwa mereka berhasil melakukan docking di ISS.

Pada Oktober lalu, misi serupa mengalami kegagalan. Dua astronaut dipaksa melakukan pendaratan darurat hanya beberapa menit setelah take-off atau sebelum roket meledak di udara.

Penyidik ​​menyalahkan sensor rusak yang mereka klaim telah rusak selama perakitan di situs Kazakhstan.

Berbicara pada hari Minggu sebelum perjalanan ke ISS, komandan awak Soyuz; Oleg Kononenko, menegaskan bahwa krunya benar-benar mempercayai persiapan penerbangan.

"Risiko adalah bagian dari profesi kami," katanya. "Kami secara psikologis dan teknis siap untuk diluncurkan dan setiap situasi, yang dilarang Tuhan, dapat terjadi di pesawat," ujarnya, seperti dilansir BBC, Selasa (4/12/2018).

Misi awak tiga astronaut itu semula dijadwalkan akhir bulan ini, tetapi para pejabat terkait memajukannya untuk menghindari ISS ditinggalkan tanpa awak ketika awaknya yang sekarang kembali ke Bumi.

Insiden pada 11 Oktober memberikan sorotan pada keamanan program luar angkasa Rusia, yang armadanya telah mengalami sejumlah kegagalan teknis dalam beberapa tahun terakhir.

Setelah itu, para peneliti mengatakan bahwa mereka percaya model Soyuz lainnya mungkin telah rusak. Namun, mereka juga percaya pemeriksaan tambahan telah diperkenalkan.

NASA sendiri memberi jaminan tentang kerjasama mereka yang berkelanjutan dan percaya pada program Rusia setelah insiden tersebut.

Ketiga astronaut tiba di ISS pada hari Senin. Mereka akan menghabiskan 6,5 bulan  bulan di atas ISS.

Bagi astronaut atau kosmonot Kononenko, kunjungan ke ISS adalah yang keempat kalinya. Sedangkan bagi McClain adalah yang pertama dan bagi Saint-Jacques adalah perjalanan kedua.

Selama misi mereka, anggota kru dijadwalkan akan memulai perjalanan di ISS untuk menyelidiki lubang misterius yang menyebabkan hilangnya tekanan moda ISS pada bulan Agustus. 




Credit  sindonews.com