Senin, 03 Desember 2018

Koalisi AS Dituding Serang Tentara Suriah dengan Rudal


Koalisi AS Dituding Serang Tentara Suriah dengan Rudal
Ilustrasi serangan AS ke Damaskus. (SYRIA TV via Reuters TV)


Jakarta, CB -- Suriah menuding koalisi pimpinan Amerika Serikat menyerang tentara mereka di pusat negara tersebut dengan rudal pada Minggu (2/11).

"Pasukan koalisi Amerika sekitar pukul 20.00 meluncurkan sejumlah rudal ke sejumlah posisi pasukan kami di pegunungan Ghorab, selatan Sukhna," demikian pengumuman di kantor berita Sana.


Kelompok pemantau Syrian Observatory for Human Rights kemudian juga melaporkan bahwa pasukan koalisi AS di Al-Tanf menembakkan "lebih dari 14 rudal" ke konvoi tentara Suriah ketika mereka melintasi gurun di timur jauh provinsi Homs.

"Kelompok itu sedang tersesat di tengah gurun sekitar 35 kilometer dari pangkalan Al-Tanf," ujar Direktur Syrian Observatory for Human Rights, Rami Abdel Rahmane, kepada AFP.


AS biasanya memang biasa menggunakan pangkalan militer mereka di Al-Tanf untuk meluncurkan rudal ke arah jihadis ISIS dan oposisi Suriah.


Dengan alasan keamanan, Suriah sendiri sudah meminta pasukan AS meninggalkan daerah yang berbatasan dengan Irak dan Yordania itu.

Namun, AS tak kunjung menuruti permintaan tersebut dan menyebabkan sejumlah bentrokan di daerah tersebut.

Tahun lalu, terjadi bentrokan antara pasukan rezim Suriah dengan milisi yang didukung oleh koalisi AS.



Credit  cnnindonesia.com