Selasa, 25 November 2014

Orang Indonesia Lebih Bahagia dari Singapura dan Malaysia


 Orang Indonesia Lebih Bahagia dari Singapura dan Malaysia  

CB, London - Sebuah penelitian yang dirilis Happy Planet Index menunjukkan warga negara Indonesia jauh lebih bahagia ketimbang warga negara Malaysia dan Singapura. Tolok ukurnya adalah tingkat harapan hidup, jaminan kesejahteraan, dan rekam jejak ekologis negara tersebut. Untuk semua indikator ini, Indonesia meraih angka 55,5, sedangkan Malaysia 40,5, dan Singapura, 39,8.

Dengan skor tersebut, Indonesia berada di peringkat ke-14 dengan warga negara paling bahagia. Menurut Happy Planet Index, angka harapan hidup di Indonesia dengan skor 69,4 masuk kategori 'lumayan'. Begitu juga dengan jaminan kesejahteraan 5,5. Adapun riwayat ekologis Indonesia dinilai cukup nyaman untuk ditinggali, 1,1.

Sementara itu, Malaysia berada di peringkat ke-84. Angka harapan hidup 74,2 di Malaysia sedikit lebih tinggi dibandingkan Indonesia, begitu pula dengan jaminan kesejahteraan 5,6. Tapi, riwayat ekologis Malaysia 3,9 dinilai buruk, karena manusia harus mengorbankan banyak hal untuk dapat hidup di lingkungan tersebut.

Singapura duduk di peringkat ke-90. Walaupun angka harapan hidup 81,1 dan jaminan kesejahteraan Singapura 6,5 jauh di atas Indonesia, tapi riwayat ekologis Singapura 6,1 menunjukkan bahwa negara tersebut tak ramah untuk ditinggali warga baru.

Happy Planet Index merujuk tolok ukur riwayat ekologis dari PBB dan NGO di dunia yang mengukur berdasarkan berapa banyak lagi jumlah lahan yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan hidup warga yang tinggal di negara tertentu. Jadi, semakin kecil angka riwayat ekologisnya, semakin bahagia warga negaranya. Hal ini dikarenakan negara tersebut berarti sudah dapat memenuhi kebutuhan hidup mendasar warga negaranya

Credit TEMPO.CO