Jumat, 28 November 2014

Demi Penelitian, Ilmuwan Rela Jual Medali Nobel


Demi Penelitian, Ilmuwan Rela Jual Medali Nobel  
Ilmuwan James Watson akan menjual medali Nobel yang diterimanya pada 1962 untuk mendanai penelitian. (Dok. Wikipedia)
 
Jakarta, CB -- James Watson (86 tahun), ilmuwan yang menemukan struktur asam nukleat (DNA), akan menjual medali emas Nobel Kedokteran dan Fisiologi yang diraihnya pada 1962 untuk mendanai penelitian.

Medali itu bakal dijual pada 4 Desember mendatang di New York oleh perusahaan lelang Christie's. Medali memorabilia ilmiah itu diprediksi bisa terjual antara US$ 2,5 juta sampai US$ 3,5 juta.

Medali Nobel ini merupakan yang pertama kali dijual oleh pemiliknya yang masih hidup.

Watson akan menyumbangkan sebagian dari hasil penjualan medali ini kepada organisasi yang mendukung penelitian ilmiah, serta lembaga akademi dan amal.

"Saya akan memberikan sebagai hadiah kepada Cold Spring Harbor Laboratory, University of Chicago, dan Clare College Cambridge," ujar Watson.

Selain medali, lelang tersebut juga akan menjual sebuah naskah pidato yang ditulis tangan oleh Watson ketika ia menerima Hadiah Nobel dalam upacara pada 10 Desember 1962 di Stockholm, Swedia. Naskah ini diperkirakan laku antara US$ 300 sampai US$ 400.

Watson menerima Nobel berkat jasanya menemukan struktur dasar kehidupan, asam nukleat yang berupa pita ganda. Ia berbagi penghargaan itu dengan dua rekan, yaitu Maurice Wilkins dan Francis Crick.

Penemuan ini dianggap sebagai penemuan ilmiah paling penting dari abad ke-20, memunculkan ilmu biologi molekuler dan memajukan bidang kedokteran.

Credit CNN Indonesia