Rabu, 26 November 2014

Robot Terkecil Ini Mampu Perbaiki Sel Tubuh Manusia

 Robot Terkecil Ini Mampu Perbaiki Sel Tubuh Manusia
 lustrasi Robot Terkecil Ini Mampu Perbaiki Sel Tubuh Manusia (foto : Engadget)


BERLIN (CB) – Ilmuwan berhasil mengembangkan desain robot mikroskopis yang dapat berenang melalui cairan tubuh untuk memperbaiki sel-sel yang rusak atau memberikan obat. Robot yang dikembangkan oleh ilmuwan Jerman tersebut memiliki bentuk serupa kerang yang sangat kecil.
Ilmuwan dari Max Planck Institute for Intelligent Systems di Jerman mengatakan robot mikroskopis tersebut mempunyai bentuk yang sempurna dan hampir tidak dapat dilihat mata telanjang. Micro-robo dapat bergerak maju-mundur untuk berenang melalui darah, cairan bola mata, dan cairan lain dalam tubuh manusia.
Para ilmuwan memang sengaja membuat desain robot tersebut mirip kerang. Itu karena mereka percaya untuk menerapkan teknologi tersebut di dalam tubuh manusia, meniru cara berenang kerang adalah yang paling ideal.
Robot mikro ini dapat berenang maju dengan cara terbaik melalui cairan non-Newtonian atau cairan yang bisa tumbuh lebih tebal atau tipis menyesuaikan situasinya. Micro-scallops atau robot kerang kecil ini juga mampu bergerak bebas dengan mengandalkan energi medan magnet dari luar sehingga dia tidak memerlukan baterai atau motor.
Menurut sejumlah ilmuwan tersebut, mereka tidak memiliki tujuan spesifik untuk penemuan ini. Namun, mereka berharap penelitian ini dapat menjadi referensi untuk mengembangkan model teknologi medis canggih di masa depan. Demikian seperti dikutip dari Engadget, Selasa (25/11/2014).

Credit OkeZone