Kamis, 21 Maret 2019

Donald Trump Mau Brasil Jadi Anggota NATO



Presiden Brasil Jair Bolsonaro memberikan kaos tim sepak bola nasional Brasil kepada Presiden AS Donald Trump selama pertemuan di Oval Office Gedung Putih di Washington, 19 Maret 2019. [REUTERS / Kevin Lamarque]
Presiden Brasil Jair Bolsonaro memberikan kaos tim sepak bola nasional Brasil kepada Presiden AS Donald Trump selama pertemuan di Oval Office Gedung Putih di Washington, 19 Maret 2019. [REUTERS / Kevin Lamarque]

CB, Jakarta - Presiden Donald Trump mempertimbangkan agar Brasil menjadi anggota NATO.
Hal ini diungkapkan Trump saat menyambut kunjungan perdana Presiden Brasil, Jair Bolsonaro, ke Gedung Putih.
"Kami akan mempertimbangkan itu dengan sangat, apakah itu NATO atau itu sesuatu yang ada hubungannya dengan aliansi," kata Trump kepada wartawan, yang duduk di sebelah Bolsonaro, dikutip dari Reuters, 20 Maret 2019.

"Saya bermaksud menunjuk Brasil sebagai sekutu non-NATO utama atau bahkan mungkin, jika Anda mulai memikirkannya, mungkin sekutu NATO," kata Trump.
"Saya harus berbicara dengan banyak orang, tetapi mungkin sekutu NATO, yang akan sangat memajukan keamanan dan kerja sama antara negara-negara kita."

Presiden Brasil Jair Bolsonaro dan Presiden AS Donald Trump berjabat tangan selama konferensi pers bersama di Rose Garden Gedung Putih di Washington, AS, 19 Maret 2019. [REUTERS / Kevin Lamarque]
Menurut laporan The Telegraph, pejabat Brasil mengatakan pekan lalu bahwa mereka sedang berupaya mendapat status sekutu non-NATO utama, yang tidak memenuhi keanggotaan penuh NATO, tetapi menawarkan keuntungan finansial yang tidak tersedia bagi anggota non-NATO.

Sejauh ini Kolombia adalah satu-satunya negara Amerika Latin yang bergabung dengan NATO. Kolombia menjadi mitra global NATO pada tahun 2018, yang berarti Kolombia tidak harus ikut serta dalam aksi militer.
Jair Bolsonaro, baik dalam pandangan dan gaya kampanye pilpres sangat mirip dengan Trump. Bahkan, mantan kapten angkatan darat Brasil itu selama kampanye mendapat julukan "Trump of the Tropics" atau Donald Trump dari Negeri Tropis, dan secara terbuka menyatakan dirinya pengagum Donald Trump.



Credit  tempo.co