Selasa, 11 Desember 2018

PBB Teken Kesepakatan Internasional Soal Migrasi


PBB Teken Kesepakatan Internasional Soal Migrasi
Negara-negara anggota PBB dilaporkan telah menyetujui sebuah kesepakatan internasional mengenai imigrasi dalam sebuah pertemuan yang berlangsung di Maroko. Foto/Reuters

RABAT - Negara-negara anggota PBB dilaporkan telah menyetujui sebuah kesepakatan internasional mengenai imigrasi. Kesepakatan itu dicapai dalam sebuah pertemuan yang berlangsung di Maroko.

Kesepakatan yang dimaksudkan untuk mendorong kerja sama dalam migrasi, disetujui pada bulan Juli oleh hampir seluruh anggota PBB yang berjumlah 193 negara, di mana Amerika Serikat (AS) menjadi satu-satunya negara yang menolak. Namun, hanya 164 yang negara secara resmi menandatanganinya.

"10 negara, sebagian besar di Eropa Timur telah menarik diri dari kesepatan. Enam lagi, di antaranya Israel dan Bulgaria, sedang berdebat apakah mereka akan keluar juga atau tidak," kata juru PBB, seperti dilansir Reuters pada Senin (10/12).

Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres mengatakan, bahwa negara-negara maju membutuhkan migrasi. "Di banyak tempat di mana kesuburan menurun dan harapan hidup meningkat, ekonomi akan stagnan dan orang akan menderita tanpa migrasi," katanya.

Dengan rekor 21,3 juta pengungsi secara global, PBB mulai bekerja pada kesepakatan yang tidak mengikat itu setelah lebih dari 1 juta orang tiba di Eropa pada tahun 2015. Kebanyakan dari mereka adalah yang melarikan diri dari perang saudara di Suriah dan kemiskinan di Afrika.

Sejak Juli, kesepakatan itu, yang membahas isu-isu seperti bagaimana melindungi migran, mengintegrasikan mereka dan mengirim mereka pulang, telah dikritik oleh sebagian besar politisi sayap kanan Eropa yang mengatakan itu dapat meningkatkan imigrasi dari negara-negara Afrika dan Arab. 




Credit  sindonews.com