Selasa, 03 April 2018

Jembatan Laut Terpanjang di Dunia, Setara 60 Menara Eiffel


Jembatan Laut Terpanjang di Dunia, Setara 60 Menara Eiffel Ilustrasi Kota Macau. (Diego Delso)


Jakarta, CB -- Pemerintah China mengungkapkan jembatan terpanjang di dunia yang menghubungkan Hong Kong, Macau, dan daratan China untuk pertama kalinya. Jembatan HKZM dari singkatan Hong Kong, Zhuhai-Provinsi Guangdong, Macau disebut-sebut menggunakan baja setara dengan pembuatan 60 Menara Eiffel di Prancis.

Sembilan tahun setelah pembangunan jembatan sepanjang 55 kilometer itu dimulai, pemerintah China mengizinkan megaproyek tersebut diperlihatkan untuk pertama kalinya.

Jembatan tersebut akan menghubungkan Hong Kong ke Kota Zhuhai, dan Macau, melintasi perairan muara Sungai Mutiara.


Tanggal peresmian jembatan tersebut masih belum dipastikan. Para pejabat pemerintah menyatakan jembatan itu dapat digunakan selama 120 tahun. Jembatan HKZM juga diharapkan meningkatkan bisnis dengan mengurangi waktu perjalanan hingga 60 persen.



Kantor berita pemerintah China, Xinhua menyatakan sebanyak 420 ribu ton baja digunakan dalam proyek yang disebut-sebut setara dengan 60 kali jumlah baja yang digunakan untuk mendirikan Menara Eiffel, Paris, Perancis.

Gao Xinglin, Manajer Perencanaan Proyek Jembatan HKZM mengatakan pembangunan terowongan bawah tanah sepanjang 6,7 kilometer membuatnya tak bisa tidur.

"Ada malam-malam di mana saya tidak bisa tidur, karena banyak kesulitan saat konstruksi," kata Gao seperti dilaporkan kantor berita AFP.

"Menghubungkan 80.000 pipa di bawah laut dengan teknologi air ringan adalah hal yang paling menantang," kata dia menambahkan.

Total biaya proyek tersebut, termasuk pulau-pulau buatan, jalan-jalan penghubung dan fasilitas lintas perbatasan baru, belum jelas jumlahnya. Tetapi beberapa kalangan memperkirakan nilainya mencapai 100 miliar yuan (sekitar Rp218,6 triliun). Jumlah tersebut memicu kritik mega proyek itu sebagai'gajah putih'.

Para penentang di Hong Kong menyebut proyek tersebut sebagai bagian dari upaya Beijing mencengkeram wilayah semi otonomi itu.

Proyek itu juga dirundung berbagai masalah. Mulai dari penundaan, pembengkakan anggaran, tuduhan korupsi dan kematian sejumlah pekerja konstruksi. Jembatan HKZM itu juga gagal diresmikan pada akhir 2017, sebagaimana diharapkan.

Selain itu, ada pula kekhawatiran soal keselamatan di jembatan terpanjang di dunia tersebut. Terutama setelah 19 pekerja laboratorium didakwa dengan tuduhan memalsukan laporan uji beton jembatan itu. Satu orang dijebloskan ke penjara pada Desember lalu.


Credit  cnnindonesia.com


China Pamer Jembatan Laut Terpanjang di Dunia


Jakarta, CNN Indonesia -- Setelah sembilan tahun pembangunan, China memamerkan jembatan terpanjang di dunia yang menghubungkan daratan utama negaranya dengan Hong Kong dan Macau.


<p>Setelah sembilan tahun pembangunan, China untuk pertama kalinya memamerkan jembatan terpanjang di dunia yang menghubungkan daratan utama negaranya dengan Hong Kong dan Macau. (Reuters/Bobby Yip)</p>
Setelah sembilan tahun pembangunan, China untuk pertama kalinya memamerkan jembatan terpanjang di dunia yang menghubungkan daratan utama negaranya dengan Hong Kong dan Macau. (Reuters/Bobby Yip)




Jembatan itu membentang dari Hong Kong, melewati Kota Zhuhai, hingga akhirnya mencapai Macau, membelah perairan Pearl River Estuary. (Reuters/Bobby Yip)
Jembatan itu membentang dari Hong Kong, melewati Kota Zhuhai, hingga akhirnya mencapai Macau, membelah perairan Pearl River Estuary. (Reuters/Bobby Yip)

<p>Membentang sepanjang 55 kilometer, jembatan ini dibangun dengan 420 ribu ton baja, 60 kali lipat dari baja yang digunakan dalam pembangunan Menara Eiffel. (Reuters/Bobby Yip)</p>
Membentang sepanjang 55 kilometer, jembatan ini dibangun dengan 420 ribu ton baja, 60 kali lipat dari baja yang digunakan dalam pembangunan Menara Eiffel. (Reuters/Bobby Yip)


<p>Hingga saat ini, pemerintah belum merilis angka pasti biaya yang digunakan dalam pembangunan jembatan ini. Namun, sejumlah pengamat memperkirakan China menggelontorkan dana 100 miliar yuan untuk megaproyek ini. (Reuters/Bobby Yip)</p>
Hingga saat ini, pemerintah belum merilis angka pasti biaya yang digunakan dalam pembangunan jembatan ini. Namun, sejumlah pengamat memperkirakan China menggelontorkan dana 100 miliar yuan untuk megaproyek ini. (Reuters/Bobby Yip)


<p>Walau dikritik karena memakan biaya terlalu besar, China berkeras membangun jembatan ini hingga Hong Kong menyebut proyek tersebut adalah cara Beijing untuk memperkuat kendali atas kota semi-otonomi tersebut. (Reuters/Bobby Yip)</p>
Walau dikritik karena memakan biaya terlalu besar, China berkeras membangun jembatan ini hingga Hong Kong menyebut proyek tersebut adalah cara Beijing untuk memperkuat kendali atas kota semi-otonomi tersebut. (Reuters/Bobby Yip)


<p>Karena serentetan kontroversi tersebut, termasuk kematian sejumlah pekerja konstruksi dalam proyek ini, jembatan itu tak bisa diresmikan pada akhir 2017 seperti yang dijadwalkan sebelumnya. (Reuters/Bobby Yip)</p>
Karena serentetan kontroversi tersebut, termasuk kematian sejumlah pekerja konstruksi dalam proyek ini, jembatan itu tak bisa diresmikan pada akhir 2017 seperti yang dijadwalkan sebelumnya. (Reuters/Bobby Yip)

<p>Meski tanggal peresmian belum dikonfirmasi, para pejabat China mengklaim bahwa jembatan ini dapat bertahan hingga 120 tahun ke depan. (Reuters/Bobby Yip)</p>
Meski tanggal peresmian belum dikonfirmasi, para pejabat China mengklaim bahwa jembatan ini dapat bertahan hingga 120 tahun ke depan. (Reuters/Bobby Yip)

<p>Dengan klaim dapat memangkas waktu perjalanan hingga 60 persen, jembatan ini diperkirakan dapat meningkatkan bisnis China. (Reuters/Bobby Yip)</p>
Dengan klaim dapat memangkas waktu perjalanan hingga 60 persen, jembatan ini diperkirakan dapat meningkatkan bisnis China. (Reuters/Bobby Yip)







Credit  cnnindonesia.com