Senin, 30 April 2018

Korut Ajukan Syarat untuk Serahkan Senjata Nuklirnya


Korut Ajukan Syarat untuk Serahkan Senjata Nuklirnya
Pemimpin Korut Kim Jong-un akan menyerahkan senjata nuklirnya jika AS berjanji tidak menyerang Pyongyang. Foto/Istimewa


SEOUL - Pemimpin Korea Utara (Korut), Kim Jong-un, mengatakan akan menyerahkan senjata nuklirnya jika Amerika Serikat (AS) setuju secara resmi mengakhiri perang Korea. Selain itu, AS juga harus berjanji untuk tidak menyerang Korut.

Hal itu diungkapkan Kim Jong-un kepada Presiden Korsel Moon Jae-in saat keduanya bertemu pada Jumat lalu.

"Saya tahu orang Amerika secara inheren cederung menentang kami, tetapi ketika mereka berbicara dengan kami, mereka akan melihat bahwa saya bukan tipe orang yang akan menembakkan senjata nuklir ke selatan, melintasi Pasifik atau kepada Amerika Serikat," ujar Kim kepada Moon Jae-in yang dituturkan juru bicara pemerintah Korsel Yoon Young-chan.

Yoon juga mengungkapkan secara rinci pembicaraan selama sehari antara Kim Jong-un dan Moon Jae-in. Menurutnya kedua pemimpin Korea itu telah menandatangani sebuah deklarasi bersama yang menyatakan Semenanjung Korea bebas nuklir dan denuklirisasi penuh sebagai tujuan bersama kedua Korea. Tetapi selama pertemuan, beberapa di antaranya disiarkan langsung di seluruh dunia, Kim Jong-un tidak pernah secara terbuka akan melepaskan senjata nuklirnya.

Meski begitu ia memberikan sebuah gagasan yang tidak jelas tentang apa yang diminta oleh negara miskin itu sebagai imbalan untuk menyerahkan senjata nuklirnya.

"Jika kita sering bertemu dan membangun kepercayaan dengan Amerika Serikat dan jika mengakhiri perang dan non-agresi dijanjikan, mengapa kita hidup dalam kesulitan dengan senjata nuklir?" kata Yoon mengutip pernyataan Jong-un seperti disitir dari New York Times, Minggu (29/4/2018),

Presiden Korsel sendiri sudah memberitahu Trump tentang isi pertemuan, memberi penjelasan kepadanya melalui saluran telepon. Menurut kantor kepresidenan Korsel, Moon Jae-in mengatakan kepada Presiden AS bahwa Kim Jong-un mengatakan ia dan Trump dapat bergaul dengan baik. Trump pun menanggapinya dengan mengatakan bahwa ia menantikan pertemuan mereka.

Selain memberi tahu Trump, Moon Jae-in juga berbicara dengan Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe, untuk menyampaikan keinginan Kim Jong-un untuk membuka dialog dengan Tokyo, yang juga merasa terancam oleh senjata nuklir dan pengembangan rudal Korut. 





Credit  sindonews.com