Minggu, 29 April 2018

Palestina Kecam Niat Trump Hadiri Pembukaan Kedubes AS di Yerusalem



Palestina Kecam Niat Trump Hadiri Pembukaan Kedubes AS di Yerusalem
Palestina menyebut niat Presiden Donald Trump untuk menghadiri pembukaan Kedubes AS di Yerusalem pelanggaran yang mencolok. Foto/Ilustrasi/SINDOnews/Ian

RAMALLAH - Palestina mengecam keinginan Presiden Donald Trump untuk menghadiri upacara pembukaan gedung kedutaan AS di Yerusalem bulan depan. Palestina menganggap hal tersebut sebagai pelanggaran mencolok.

"Trump telah melakukan kesalahan besar selama masa jabatannya terkait Palestina dalam masalah Yerusalem, pengungsi, negara Palestina dan hak-hak rakyat Palestina," ujar Penasehat Menteri Luar Negeri Presiden Palestina Mahmoud Abbas, Nabil Shaath.

Dia mengatakan kepada stasiun radio resmi Palestina Voice of Palestine bahwa kesalahan-kesalahan itu telah didiskualifikasi dan mengakhiri peran AS secara sepihak dalam proses perdamaian dengan Israel sejak 1991.

Dia menegaskan kembali bahwa AS harus bertindak sesuai dengan kerangka multilateral internasional yang berkomitmen terhadap Piagam PBB dan hukum internasional.

"Jika tidak, tidak akan ada peran nyata bagi Amerika Serikat dalam proses perdamaian mendatang," tegasnya seperti dikutip dari Xinhua, Minggu (29/4/2018).

Shaath juga mengatakan perubahan keseimbangan kekuatan dunia telah menyebabkan berakhirnya peran AS, karena Washington bukan lagi penguasa dunia dan bahwa ada kekuatan Eropa, Rusia, Cina, India dan Brasil yang membentuk kerangka multilateral kerangka.

Sebelumnya, Trump mengatakan bahwa ia "boleh pergi" ke kedutaan AS di Yerusalem yang dijadwalkan dibuka 14 Mei, menandai peringatan ulang tahun kemerdekaan Israel yang ke-70.

Palestina sendiri telah menunjuk tanggal 15 Mei, sehari setelah kemerdekaan Israel, sebagai Hari Nakba atau Hari Malapetaka.



Credit  sindonews.com